Tuesday, July 14, 2015

Balada Si Gigi Kelinci (part 2)


3 bulan dari terakhir ke dokter Maria, saya ngeh kok mas B makin kurus imut badannya. Selama ini saya pikir dia picky eater. Walau pada dasarnya, kalo udah ketemu makanan yang lagi cocok di lidah dia, mas B super gampang makannya, malah bisa ngabisin nasi 2 piring. 2 mingguan terakhir ini saya ngeh kalo tambalan di salah satu gigi kelinci mulai kikis. Another gigi sebelah duo kelinci (bukan yang patah) kok juga rasa-rasanya makin pendek yah (baca: penekanan terhadap ketakutan gigi patah lagi). Coba nelpon dokter Maria, ternyata gak dapet jadwal praktek yang cocok. Masih agak trauma juga jadi korban bisnis RS yang pelayananannya thumbs down. Masih super duper kecewa ceritanya. Ya masa anak bayik nangis, kata Jupo si susternya malah ngomong: “eh diem gak, emang diapain sih? Diem gak!!”. Orang gila. Sayang saya gatau oknumnya. Mungkin kalo tau, rasanya pengen saya anestesi bibirnya. 

Mau gak mau daripada saya ketar-ketir, mulai deh browsing cari rekomendasi dokter SpKgA. Dimanapun, catet. Saking ketakutan mas B bakal diintimidasi lagi juga :( Sampe nemu artikel ini di Mommiesdaily, dan beberapa blogpost dari temen-temen blogger. The Smile Center. Baca nama tempatnya aja udah pengen senyum. Mudah-mudahan berjodoh sama mas B. *fingercross*

Akhirnya Sabtu lalu saya coba nelfon ke The Smile Center. Stafnya responsive banget, sampe menjanjikan mau nelfon balik setelah dapet jadwal dokter yang praktek hari itu. Setelah ditelfon balik, mas B terjadwal dengan drg. Ratna SpKgA. Kalo di rekomendasi yang sudah-sudah, di The Smile Center ini yang favorit katanya sih dokter Alya. Tapi saking favoritnya, harus daftar h-2 bulan. Makjaaaan….akhirnya pasrah deh siapapun dokternya, insya Allah baik buat mas B. 

Sampe sana kita disambut oleh ruangan serba putih yang serba nyaman. Pas sampai disana kebetulan memang sudah jam-nya mas B dipanggil untuk tindakan. Jadi Alhamdulillah gak bikin kita harus nunggu lebih lama lagi J  Sebelumnya, kita disuruh untuk mengisi formulir pendaftaran. Lalu, kita diberikan bonus sikat gigi. Kita diarahkan menunggu lantai 3. Di lantai 3, dokter Ratna dan staf perawat sudah siap menyambut mas B. mereka ramah sekali menggiring mas B ke dalam ruang perawatan, sambil menawarkan macem-macem film. 

“eh Mas B tau gak kucing apa sih yang warnanya biru? Atau mau nonton mobil bisa ngomong?”

snack corner. self service, please :)

mas B on action

"bu ini kita dimana sih?" said mas B

beautiful flowers
Boro-boro deh mau milih film, mas B-nya udah jiper duluan ngeliat kursi periksa. Huaaa..konser tangis pun dimulai. Dokternya minta ijin langsung nindak mas B, berdasarkan kronologi yang udah saya ceritain pas daftar via telepon. Oh iya, jadi sistemnya di The Smile Center ini sebelum pasien datang, staf akan menanyakan apa yang dikeluhkan pasien sehingga ia mau dateng ke The Smile Center. Jadi, nanti pas udah duduk manis di kursi pasien, dokter udah tau nih riwayat-nya apa. Paling tinggal sedikit cek en ricek ke pasien atau ortu si pasien. Back to mas B, konser tangis makin keras. Jadi saya ceritain singkat apa yang dikeluhkan mas B, beserta bukti tambelan gigi di duo kelinci yang sedikit kikis. Yang bikin saya agak shock, dokter minta ijin untuk anestesi karena ada hal yang lebih mengkhawatirkan dibanding tambelan kikis. Ternyata, si sisa gigi yang patah itu udah kena syaraf, jadi harus ada tindak lanjut perawatan syaraf gigi yang harus diawali dengan tindakan anestesi. Ya Allah, dulu aja saya takut pas harus banget dibius buat operasi geraham, eh anak sekecil mas B udah harus banget di anestesi. Saya cuma bisa liat-liatan sama Jupo yang mangku mas B, sambil komat-kamit “all is well”. Ada sekitar 5 orang staf perawat yang bantu dokter Ratna, dimana 3 diantaranya ikut megangin mas B. Duh hati ibu mana ya yang tega ngeliat anak begitu, tapi saya tau mas B nangis karena gak nyaman dipegangin banyak orang. Syukur Alhamdulillah, dokter Ratna begitu telaten dan juga staf-stafnya sama sekali tidak ada yang mengintimidasi tangisan mas B. Semua fokus untuk nenangin mas B dengan kata-kata lembut, manis, walau saya tau dari raut mata mereka gak tega juga denger mas B sebegitu nangisnya. Sampai ketika dokter Ratna membius area sekitar gigi yang patah, saya liat mas B agak kaget ditengah tangisannya. Abis itu dimasukkin semacam jarum—mungkin untuk masukkin obat yang katanya ntuk perawatan syaraf itu. Sambil melakukan tindakan, dokter Ratna memberikan penjelasan detail mengenai apa yang dilakukan dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan saya seputar gigi yang syuarafnya lagi dirawat itu. Dia memastikan kalo gigi mas B gak akan dicabut, dan akan telepas sendiri ketika gigi tetapnya tumbuh—which makes me lega banget. Dan selama itu pula, akan dilakukan control untuk melihat perkembangan sisa gigi ini. Duh lega banget gak sih dengernya. 

Semua tindakan berjalan gak sampe 10 menit. Cepet banget, super singkat. Ini nih kenapa saya keukeuh sumeukeuh harus mesti dokter SpKgA yang menangani gigi mas B, kadang dokter gigi umum suka lamiun yes. Apa kabar mas B yang udah meraung-raung, ya khan? Kalo di detail, ada 3 gigi yang ternyata ada bolong kecil karena karies, dan beberapa kali tindakan anestesi di syaraf beserta perawatannya. Setelah selesai tindakan, mas B main sama Jupo di area bermain yang ada di sebelah ruang periksa. Sementara saya menceritakan sejarah gigi karies mas B. Gak henti-henti mengucap syukur, dapet dokter Ratna yang telaten mendengarkan cerita dan keluhan ortu pasien tanpa menghakimi. Dia juga memberikan tips menyikat gigi untuk toddler kayak mas B, dan juga caranya. Banyak saran juga yang diberikan dokter Ratna demi kesehatan gigi mas B ke depannya. Untuk kasus mas B, dokter Ratna menyarankan kontrol 4 bulan sekali. Mengenai biayanya, kalo diitung per item siih jauh lebih murah dibanding di RS komersil. Tapi karena kemarin ‘banyak item’ yang dilakukan, ya jadi lumayan bikin dompet asma sih juga sih biayanya. Hahaha :))

Overall, super puas dengan layanan dari The Smile Center. Sama sekali gak nyesel dateng kesini, mas B pun susaaaah diajak pulang karena area bermainnya super bikin nyaman. Hihihi, thank you The Smile Center!

*sengaja gak fotoin mas B pas tindakan karena boro-boro motion, berdiri aja dengkul lemes ngeliatnya :p*

The Smile Centre
Rukan Royal Palace Blok B no.37
Jl. Prof. Dr. Soepomo, 178A
12810 – Jakarta Selatan
Telp: 021 8314973, 021 8314975



Update terbaru: right after pulang dari The Smile Center, mas B udah gampang banget kalo diajak makan kalau sudah waktunya. Kayaknya bener dugaan dokter Ratna deh, kalau ternyata mas B picky eater karena giginya sakit. Berarti, pilihan yang betul dong ya kalo saya ke The Smile Center? :)

Monday, July 13, 2015

Balada Si Gigi Kelinci (Part 1)

Saya termasuk ‘pelanggan’ dokter gigi yang rauwis-uwis. You named it, dari tambal gigi sejak SD sampe sekarang entah udah puluhan kali. Operasi gigi bungsu, udah pula. Positifnya sih, saya gak gitu ‘musuhan’ kalo ketemu dokter gigi. Dari dokter gigi yang asal beres tapi gak mentingin pasiennya yang udah aduh-aduh, sampe yang suuper sabar tapi mahal, dan dokter yang udah senior abis (baca: tuir) tapi jari-jarinya segede apaan tau udah saya temuin. Thank God Jupo gak pernah samsek ke dokter gigi, larena emang giginya bagus. Sama sekali gak pernah ngerasain ngilu-ngilu karena berlubang. Bagus deh, biar sama-sama gak bokek karena dua-duanya hobi jajan ke dokter gigi. Hahaha.

Beberapa bulan yang lalu, saya ngeh kalo gigi kelinci mas B ada white spot. Lama kelamaan, berubah jadi yellow spot lalu brown spot. Karies! Duh gusti… Saya lalu browsing mencari penyebab utama karies. Dang, ternyata banyak yang mengindikasi penggunaan dot. Padahal nih ya, saya sadar betul usia mas B yang waktu itu belum 2 tahun masih sah-sah aja lah pake dot. Toleransi penggunaan dot ala saya emang nanti pas 3 tahun. Ini sih pengalaman karena adik saya pake dot sampe kelas 5 SD, dan berakibat pake behel 5 tahun. Everything was ok, cuma tonggos. Lalu saya flashback betapa saya dulu susaaaah banget minum kalsium pas hamil mas B :( Secara, berhasil ketelen, lalu keluar dengan sempurnanya. Jadi saya harus curi-curi jam ‘waras’ di luar jam gak waras saya yang hampir tiap hari selama 9 bulan muntaaah terus. Saya minum kok, tapi emang susah payah. Dan Jupo selalu wanti-wanti saya gak boleh merasa paling bersalah atas masalah gigi mas B ini, mungkin dia kenyang ngadepin long-term baby blues saya dulu aja kali yes. Hihihi. 

Saya ublek-ublek forum TUB dan Mommiesdaily tentang rekomendasi dokter spesialis gigi anak, dan nemu 1 yang (katanya) recommended di Depok. Namanya Drg. Maria Harli N, Sp.KGA, yang praktek di RS  MItra Keluarga Depok. Call me freak, tapi entah saya punya feeling kali ini bukan masalah main-main, jadi harus yang benar-benar spesialis anak. Pertemuan pertama, komennya Cuma “ajegileee antriannya aduhaaaai”. Di sesi pertama, dokter Maria mengiyakan bahwa si brown spot itu bener bakal karies (hiks). Tapi dia kasih resep semacam vitamin untuk penguat gigi. Gak berapa lama setelah sesi itu, kok saya ngeh si gigi sebelah duo kelinci goyang. Waduh! Karena hari yang gak bersamaan sama dokter maria, diputusin ke dokter gigi umum yang kebetulan temen arisan eyangnya Mas B. Si dokter ini belum bisa menyimpulkan kalo ini emang gigi mati siap copot atau patah. What, patah? Iya. Jadi si gigi sebelah duo kelinci juga kena brown spot. Parahnya, kalo brown spot ada di tengah gigi cenderung bikin gigi patah bukan copot dari akar. Serem ya? Mas B lalu diresepin antibiotic untuk menghindari bengkak karena si gigi yang goyang itu. 

Drg. Maria Harli
Di hari terakhir minum obat, paginya kok saya ngeh ada yang berbeda dengan senyum mas B. MASYA ALLAH, GIGINYA PATAH. Trus dimana patahannya???? Yes, ketelen. Ibu macem apaaaaa eke… -_____- Langsung teken kontrak alias daftar dokter Maria untuk besoknya. Dan hasilnya apa sodara-sodaraaa….ternyata si duo kelinci juga bakal patah. Jadi, harus segera ditambal. At that time, saya pulang sedikit lebih telat karena ada yang harus diurus. Jadi mas B di-handle sama Jupo dan Uti-nya. Pas saya dateng, penanganan baru aja selesai. Kata Jupo, nangisnya super parah. Ditambah perlakuan suster-suster senior yang cenderung mengintimidasi pasien supaya diem. Dan untuk 2 tambalan gigi kelinci anak hampir 2 tahun itu, saya harus merogoh kocek Rp800ribu, gak setara sama pelayanannya. Cih.

Di kedua sesi sama dokter Maria ini Jupo beberapa kali bilang kalo dia agak gak sreg sama dokternya. Tapi saya selalu berpendapat kalo mungkin si dokter kelelahan karena banyaknya pasien. Telat dikit dari nomor yangs eharusnya, bisa loh kita harus nunggu 10 nomor lagi. Err…  Entah ya, itu kebijakan dari RS-nya apa darimana. Soalnya si dokter khan juga buka praktek di rumah, pas ditelpon dan nanyai keluhan mas B she’s so nice. Gak kayak praktek di RS. Ini entah loh yaa….

-bersambung