Monday, May 21, 2012

hobi baru

Hola!
Semenjak jadi istri dan (tetep) cuma punya satu hari libur di hari Minggu aja, saya punya hobi baru yang harus bisa dilakukan. Masak. Yup, masak! Agak sedih karena cuma punya satu hari libur sebenernya, cuma saya bertekad, di satu hari itu saya harus bisa menyenangkan suami dengan makanan-makanan yang saya buat.

Jadilah saya kemaren iseng buat 3 resep (sebenenrnya sih 4, tapi gak masuk itungan :p), yaitu:
- bola-bola ayam krispi dengan saus telur
- omelet keju
- puding coklat leci (yang ini semua orang pasti bisa)


Sebenernya, minggu lalu udah bikin fetucini masak ala chinese dan omelet fetucini (pokoknya serba fetucini). Tapi saya penasaran, bisa gak sih seorang saya yang gak hobi mau amis dikit bisa masak lauk yang harus pakai daging-dagingan atau seafood misalnya. Kebayangnya sih emang udah eww banget, ternyata enggak kawan!

Untuk resep Bola-bola Ayam saus Telur cekidot ya:

Adonan bola ayam:
- 250 gr ayam cincang (kalo males cincang beli aja di supermarket :p)
- setengah bungkus tofu/ tahu telur, haluskan
- bawang putih, cincang kasar
- satu batang bawang daun, iris tipis
- 3 sendok makan tepung terigu
- 250 gr keju parut
- 1 butir telur
- garam secukupnya
- lada hitam secukupnya
- jika suka, bisa ditambahkan kaldu bubuk
- tepung roti

Saus telur:
- saus tomat botolan
- saus cabe botolan
- mentega 2 sendok makan
- bawang putih cincang kasar
- setengah batang wortel, iris bentuk korek api
- 1 cabe merah keriting, iris miring
- 1 butir telur
- air secukupnya
- oregano secukupnya
- lada hitam secukupnya
- garam secukupnya

Cara membuat:
- uleni ayam cincang, daun bawang, tofu yang sudah dihaluskan, bawang putih, garam, lada, kaldu bubuk, tepung terigu, dan keju parut. Aduk rata.
- Jika sudah tercampur, kocok lepas telur. Ambil satu sendok makan kocokan telur, masukkan ke dalan adonan ayam.
- Gunakan plastik atau sarung tangan plastik untuk membuat bola-bola dari adonan ayam. Setelah berbentuk bola, gelindingkan ke dalam piring berisi tepung roti.
- Panaskan minyak hingga memenuhi setengah penggorengan. masukkan satub per satu bola-bola ayam yang sudah dilumuri tepung roti.
- Goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Untuk saus, cairkan mentega dan masukkan cincangan bawang putih.
- Setelah bawang putih berwarna kecoklatan,masukkan saus tomat, saus sambal. Aduk sampai mendidih.
- Masukkan air secukupnya, hingga saus jika diaduk terasa encer, lalu masukkan potongan wortel dan cabe.
- diamkan hingga mendidih, dan wortel agak melunak.
- Masukkan sisa kocokan telur ke dalam saus, aduk hingga mengental. Tunggu sampai mendidih.
- Angkat dan sia[p dihidangkan.

Ini hasilnya. Mohon dimaafkan foto agak buram, soalnya kamera lagi lowbatt, jadi pakai BB deh :p



Anda sedang membaca artikel tentang hobi baru dan anda bisa menemukan artikel hobi baru ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2012/05/hobi-baru.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel hobi baru ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link hobi baru sumbernya.

No comments:

Post a Comment