Wednesday, February 20, 2013

19 minggu



Gak terasa kehamilan saya sudah mencapai 19 minggu. Minggu depan, akan memasuki bulan kelima. Seneng, deg-degan, was-was, sekaligus terharu masih kerap membayangi saya. Takut si dedek dalem perut kekurangan makan, atau gizi, dan ketakutan lainnya.

Menginjak trimester kedua ini, banyak perubahan yang muncul pada diri saya. Secara, sudah ada makhluk hidup lucu yang lagi bersemayam di rahim saya. Perubahan dan hal-hal baru yang saya alami seperti:

  • perut sudah mulai buncit, yang berakibat pada gak muatnya beberapa baju.
  • udah sering sesak napas, terlebih kalo duduk pas sholat. Terkadang saya sholat sambil duduk untuk meringankan napas saya.
  • (masih) sering muntah. Ini yang tidak pergi setelah melewati trimester pertama, muntah. Banyak atau sedikit, muntah masih saja mewarnai hari-hari saya di pagi hari.
  • gak suka minum susu hamil. Ada beberapa teman yang bilang, "memang susu hamil itu bikin eneg". Tapi ada lagi yang bilang, susu hamil itu sama aja kayak mengkampanyekan susu formula untuk bayi. Sebenernya gak usah minum susu khusus untuk ibu hamil gak apa-apa, jadi saya bisa sesuka hati minum susu Indomilk atau Ultramilk.
  • sering pusing. Saya orang yang paling tidak suka minum obat. Sedangkan ibu hamil harus diberi asupan zat besi dan kalsium untuk penambah tenaga. Saya sering sekali lupa. Kecuali kalau suami marah-marah mengingatkan, baru saya minum :p Padahal si zat besi dan kalsium ini menghilangkan pusing atau mual pada ibu hamil. tapi tetap saja, selama itu berbentuk kapsul atau pil, saya menganggapnya obat.
  • daya tahan tubuh menurun. 2 minggu ini saya mengalami batuk dan flu parah. Awalnya tertular bapak saya dan tetangga depan rumah. Tapi sampe sekarang masih saja saya terganggu dengan batuk dan flu. Hiks
  • dedek bayi udah gerak-gerak! Si dedek mulai gerak-gerak halus, menyerupai gelitik di dalam perut saya. Subhanallah, saya yakin dia sehat.


Sehat terus ya, nak! Ndatie sama Panda sayang dedek :')

Anda sedang membaca artikel tentang 19 minggu dan anda bisa menemukan artikel 19 minggu ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2013/02/19-minggu.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 19 minggu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 19 minggu sumbernya.

No comments:

Post a Comment