Wednesday, October 2, 2013

Mengenal Kolik Infantil

Holaw.

Jadiii, Birru selama 3 bulan umurnya ini, sudah mengalami beberapa nangis yang tak kunjung usai (tsaah!). Sewaktu ditanya ke DSA-nya sekitar 2 bulan yang lalu, ternyata itu namanya Kolik Infantil. 

Apakah itu?

DSA-nya sendiri sih mengartikan bahwa Kolik Infantil adalah kolik yang terjadi tanpa sebab. Yang awalnya saya taunya kalo kebanyakkan nangis bisa jadi kolik, eh taunyaa kolik itu sendiri adalah proses si tangisan itu sendiri--yang teruuuus-teruuuuusan. Kalo liat di website-nya AyahBunda, benar kalo kolik infantil penyebab-nya gak jelas. Bisa diatasi dengan melakukan apa aja, yang bisa bikin bayi tenang. Ada juga nih dari website http://www.dokteranakku.com , kolik (infantil) adalah suatu kumpulan gejala pada bayi muda yang terjadi secara self-limitting dan ditandai dengan tangisan proksismal atau terus menerus selama lebih dari 3 jam sehari dalam paling sedikit 4 hari seminggu.

Sumpah ya, denger nangisnya kayak he's in pain gitu :( Mana maunya digendong saya terus dengan posisi berdiri. Huhuhu, sediih! Gak brenti googling sampe sekarang, nemu akhirnya bagaimana mengatasi bayi yang lagi kolik, dan salah satunya dengan posisi berdiri. Tapi ada satu kunci gimana mengatasi, yaitu jangan panik. Bisa juga (yang saya sudah lakukan) menggendong bayi dengan posisi yang dapat menekan perutnya, lalu tenangkan sambil sedikit di ayun. Tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut supaya bayi bersendawa. Kalau perlu, gendong bayi dalam posisi tengkurap. Tahan perutnya dengan telapak tangan untuk mengurangi rasa sakit. Hasilnya, si Birru malah seneng tengkurep di dada saya, sambiiil ngunyah-jilat daster yang saya pake. *ampun deek, Ndatie-nya belum mandi* Sempet kepikiran juga, karena saking khawatir dia gak mau mikcu langsung dari tetek, mauopun botol, apa diposisiin IMD aja ya? Pas dicoba dia semangat pas di dada. Eh pas menuju 'gunung', Birru engap karena idungnya ketutupan tetek. *tepok jidat*

Pas awal tau si kolik infantil ini, DSA-nya sempet curcol aja doong. Hihihi, jadi anaknya juga ngalamin, dari jam 1 pagi sampe pagi beneran. Dan maunya digendong posisi berdiri, dan bapaknya (alias DSA-nya si Birru) juga berdiri, gak boleh duduk. Baiklah Panda, kamu harus rajin berdiri lama...hihihi. 

Fiiuuuh, doakan ya... Semoga Birru gak terus-terusan koliknya. Apalagi kalo pas emaknya baru pulang kantor, ampun dijee. Sehat terus ya cah lanang-nya Ndatie... :")

Anda sedang membaca artikel tentang Mengenal Kolik Infantil dan anda bisa menemukan artikel Mengenal Kolik Infantil ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2013/10/mengenal-kolik-infantil.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengenal Kolik Infantil ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengenal Kolik Infantil sumbernya.

No comments:

Post a Comment