Friday, November 1, 2013

Tentang SosMed

Holaw.
Dari 2 hari yang lalu pengen ngebahas tentang hal ini, tapi biarin hati adem ces ces ces dulu.

Gak tau kenapa, 2 hari lalu itu pembahasannya lagi seputar sosmed. Khan yaa lagi suka blogwalking, terus nemu postingan yang isinya tentang gak-boleh-posting-foto-anak-di-sosmed. Di blog itu sih jelas-jelas pemiliknya bilang kalo dia gak dibolehin sama suaminya. Cuma yaa, kebetulan si pemilik blog ini ngikut sama suaminya yang kerja di Korea, jadi dia ngelanggar 'permintaan' suaminya demi ngobatin rindu sanak keluarga yang ada di Indonesia sama anaknya. Dia upload lah foto-foto lucu anaknya di Path, Twitter, apalagi FB. Suaminya? yaudahlah oke akhirnya demi membahagiakan istri.

Di hari itu juga, seorang temen saya ada yang..apa ya..bisa dibilang mengeluh. Ada seorang teman kami berdua  yang sekarang seolah 'posesif' dengan anaknya (ini menurut kata teman saya ya), dengan tidak lagi memposting fotonya di sosmed. Yaudahlah ya, saya pikir gapapa toh, maunya orang beda-beda. Ada orang yang suka pamer foto anak, ada yang emang sengaja memberi informasi/ dengan tujuan tertentu jadi secara gak langsung memasang foto anaknya, dan ada pula ya kayak si pemilik blog tadi, memposting foto anaknya sebagai obat rindu kakek-neneknya di Indonesia. kalo saya ditanya 'kenapa sih lu prit masang foto anak lo?', nah...mau jawaban halus atau kasar nih? :)) kasar dulu lah ya: suka-suka gw dong, anak gw ini. mau gw upload di FB, twitter, Path, menuh-menuhin timeline lu, suka-suka gw *nyolot*. Kalo halusnya sih: kepuasan diri, tapi bukan pamer. Jadiii, ada teman saya yang semisal belum sempat menengok saya setelah melahirkan karena tidak memungkinkan waktunya. Ada yang di luar kota, luar negeri, bahkan ada yang cuma kerja di Jakarta tapi saking sibuknya gak bisa kemana-mana. Apa ya, kayak muasin diri ini loh perkembangan si Birru buat diri sendiri, sama ngasih tau temen sama saudara saya nun jauah di mato kalo Birru udah segede ini nih... Ya gitu deh, jadi panjang :p 

Nah suami saya sih gak pernah melarang langsung atau gak langsung saya mem-posting sesuatu atau foto di sosmed. Untuk masalah sosmed, apalagi gadget, kami sama sekali gak mau ngusik. Biar jadi privasi sendiri-sendiri. Dari situ kami membangun pondasi ala rumah tangga kami (tsaaah!). tapi bener loh, dari saling menghargai dan menghormati hal-hal kecil, kami jadi kayak punya benteng sendiri untuk hal-hal yang kami anggap pribadi.

Tapi ya kalo dipikir-pikir, saya juga gak boleh maksa rumah tangga si A harus kayak gini, si B gak boleh kayak gitu juga khan. Mungkin temen saya yang tadi mengeluh itu merasa jauh sama teman kami, jadi pengen nyambungin 'bonding' lagi dari foto-foto anaknya. tapi ya, tetep, gak bisa dipaksakan.

Tapi, apa lebih indah kalo kita bisa lebih menyenangkan dalam bersantun ya? Paling tidak, kalo teman kami itu punya pendapat untuk tidak mau memposting foto anaknya di sosmed manapun, ya mbok jangan juga membicarakan hal tersebut di sosmed. Kalo mau lebih privasi, blog bisa jadi tempat curcol. Karena gak selamanya orang bisa menerima pendapat yang (kalo diliat) kok gak sepaham.

Yah kembali lagi, semua hak, mau, atau tujuan orang gak bisa dipaksakan, dan jelas beda banget-banget.

:) :) :)

Anda sedang membaca artikel tentang Tentang SosMed dan anda bisa menemukan artikel Tentang SosMed ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2013/11/tentang-sosmed.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tentang SosMed ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tentang SosMed sumbernya.

2 comments:

  1. huaaaaa.. aku termasuk yang hobiiii naruh2 foto di IG, juga blog. Habis, dikit2 jepret, dikit2 jepret, sih. *bisa salahkan teknologi henpon berkamera..?* Hahaha...
    Jadi inget, Nadya Hutagalung termasuk artis yg nggak pernah ngupload wajah anaknya di socmed. Yaaa.. haknya dia sih ya. Katanya kan privasi.. :)
    Aahhh, kamu jangan ikut2 nyumputin foto ya, Prita. Kan aku sukaaa liat fotonya Birru.. :)

    ReplyDelete
  2. enggak kook mbak Fit... aku...nyumputin foto biruu? such a big NO NO...emaknya hobi pamer bocah :)))
    kok kesannya sombong ya mbak kalo nyumputin foto...
    eh tapi terserah orang lg sih yaa..
    aku belom jd kayak beyonce sm nadya jd gak mau sombong mihihi :p

    ReplyDelete