Tuesday, March 24, 2015

Penipuan Berkedok Penawaran Kartu Pascabayar Matrix – Indosat

Hampir 11 tahun lamanya saya menjadi pengguna kartu prabayar Indosat. Walaupun beberapa kali ada masa ketika saya mempunyai lebih dari 1 telepon genggam, saya tidak pernah mematikan atau menonaktifkan nomor saya ini. Saya sekeluarga (bapak, ibu, adik, dan suami) bahkan saya rekomendasikan untuk memakai nomor indosat. Selain jangkauan sinyalnya baik, nominal pulsa nya juga variatif. Dulu kalo bokek pas jaman kuliah, beli pulsa 5000 aja udah bikin hati bahagia. At least bisa bales sms nyokap aja udah cukup. 

Pernah suatu ketika orang-orang rebut pulsa terpotong lah, sinyal jelek lah, saya gak pernah ngeluh. Saya cuma mikir, provider di Indonesia khan juga banyak. Gak kebayang juga satelit di atas bumi sana mungkin pada rebutan ngirim sinyal kesana-kesini. Sampe ada sms pemberitahuan pengembalian pulsa sekian rupiah, saya baru sadar kalo saya termasuk ‘korban’ sedot pulsa dari Indosat. Terus saya marah? Enggak kok. Malah ngerasa wah Indosat jujur banget dan sopan sekali, sampe harus balikin dan ngasih sms notifikasi. Saya makin berpikir kalo gak salah kalo selama ini saya pakai Indosat.

Di satu hari di bulan Desember 2014, saya mendapat telepon dari Indosat, yang memberitahukan bahwa saya akan dikirimi kartu Matrix. Karena kebetulan saya memakai IM3, produk prabayar-nya, saya hanya berpikir “oh mungkin ini tanda terima kasih dari Indosat karena saya sudah menjadi pelanggan setianya”. Saya BERUSAHA BERSIKAP BAIK, dengan mengiyakan pihak Indosat yang mau mengirimi kartu tersebut. Saya cuma mikir, ah terima aja deh. Selama saya gak aktifin khan gak bakal dipungut biaya. Siapa tau aja, saya tiba-tiba pengen nyoba pake pascabayar. Lagi-lagi, saya mencoba BERSIKAP BAIK karena menganggap seorang telesales pun hanyalah manusia yang sedang mencari nafkah untuk memenuhi target perusahaan. Saya pun manusia biasa yang juga dikejar deadline tiap semesternya untuk menyelesaikan beberapa judul buku. Telesales Indosat (yang saya sungguh lupa namanya itu, my bad!) hanya memberitahu kalo nanti kurirnya datang menyerahkan kartu Matrix “cuma-cumanya itu”, saya juga harus memberikan fotokopi KTP saya. Karena lagi-lagi berpikir “ah cuma ngasi fotokopi KTP doang sebagai bukti targetnya tercapai”, saya BERUSAHA BAIK dengan mengiyakannya. 

Sampai pada hari kurirnya dateng, dan saya nyerahin fotokopi KTP, tidak ada hal yang berarti. Kurirnya baik dan ramah, malah sempet cerit kalo dia sering banget lewat depan kantor saya---yang jarang ceritaya terjadi sama kurir lainnya yg harus banget pake nanya patokannya dimana. Karena saya tau itu kartu Matrix, sama gak buka amplopnya dan masih tersimpan baik di dalam amplop. 

Shortly, 2 bulan terakhir saya kok ngeliat amplop dari Indosat di meja saya. Biasanya mbak di rumah akan naroh di meja itu whether itu penting atau enggak. Entah iseng atau gimana, setelah ngeliat ada 2 amplop Indosat disitu, saya pengen ngeliat itu apa. Ternyata apa dong, tagihan dari Indosat mengenai kartu Matrix saya. Karena saya buka amplopnya after hour, saya coba hubungin ke hotline yang dicantumkan disana. Lamaaa bin susah nyambungnya. Sekali udah nyambung, banyak banget suruh tekan ini-itu, dan diakhiri dengan “ maaf, konten yang ada tuju belum ada”. Ngek ngok, terus ngapain nyantumin nomor kalo gak ada yg dituju khan yes. Ngetes banget.

Alhasil nyoba lagi nelpon di kantor, dan berhasil nyambung ke CS-nya. Duuh bertele-tele banget deh. Karena emang baru pertama kalinya nelpon CS indosat jadi begini amat, apa emang CS indosat begini? Pokoknya gak menjawabb. Akhirnya browsing, dan ternyata Galeri Indosat buka sampe jam 8 malem. Pulang kantor cus kesana. Laporan sambil bawa bukti. Intinya yaaah, eike gamau bayar itu abodemen karena gak dipake. Sekarang pake logika aja, yamasa gak aktifin disuruh bayar. Besaran per bulannya emang 50ribu, dan katanya itu minimal pemakaian/ gak dipake sama sekali. Tapi khan pertanyaan eike, kok iso ada tagihan tapi eike gak make? Keukeuh gak mau bayar, tapi teuteup gak bisa kata mbak-mbak galer Indosat. Once saya gak bayar, bakal terus-terusan ada tagihan. Awalnya mau nurut kata suami sih untuk diemin aja, tapi kata mbak-mbaknya kalo sampe ga bayar terus-terusan bakal didatengin semacam debt collector gitu. HELLOOOOOOW, saya aktifin aja engga mbake… teuteup ngotot. Sampe pada akhirnya mbaknya nanya: “ibu ngasi tanda pengenal atau KTP waktu dikirimin kartunya gak?”. And I said “yes”. 

“ya itu dia bu, ibu diaktifin dari KTP yang ibu berikan”

JLEB. Jahat banget. 

I said to her, “ini namanya penipuan sepihak mbak. Saya bersikap baik dengan mengiyakan, agar target si mas telesales itu terpenuhi. Tapi kenapa diginiin?” *sambil ngeluarin kartu Debit dari dompet karena gak punya uang cash*

Kata mbaknya: “iya bu, kita udah sering banget complain masalah ini, tapi tetep aja masih kejadian. Soalnya sih tenaga telesalesnya itu di luar PT Indosat, mereka outsourcing yang hanya pure menuhin target.”

Dih, gimana kata. Sebel banget sayanya, kok masalah intern mereka malah bawa-bawa customer setia. Selama ini gak pernah nuntut atau ngeluh dari pelayanan, malah diginiin. Dari telesalesnya juga gak ada kalimat atau perkataan “iya ibu, kami sudah aktifkan melalui pembicaraan ini atau setelah anda memberikan fotokopi KTP” atau apaaa gitu. Gimana enggak makin males atau was was sih kalo dapet telepon dari sales apa lagi gitu. 

Susah ya berusaha bersikap baik. Untung saya gak angkat permasalahan ini sampai ke redaksi koran. Lagi, semata-mata karena saya masih mencintai Indosat sebagai provider HP saya. Atau mungkin emang saya yang innocent bisa 'ditipu' mentah-mentah. Atau mungkin saya sedah lelah. 
 

Anda sedang membaca artikel tentang Penipuan Berkedok Penawaran Kartu Pascabayar Matrix – Indosat dan anda bisa menemukan artikel Penipuan Berkedok Penawaran Kartu Pascabayar Matrix – Indosat ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2015/03/penipuan-berkedok-penawaran-kartu.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Penipuan Berkedok Penawaran Kartu Pascabayar Matrix – Indosat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Penipuan Berkedok Penawaran Kartu Pascabayar Matrix – Indosat sumbernya.

11 comments:

  1. laaah..trus bayar berapa mak ? trus akhirnya dipake ga kartu matrixnya ?
    kok aneh2 aja ya... musti aware nih..
    tfs ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 bulan thanks God mbakdes...100ribu. yg nyebelinnya katanya siap2 ada tagihan penon-aktifan kartu gitu. yg gak masuk akal, lah enggak ngaktifin, malah diporotin :( gak aku pake mbak kartunya, masih tersampul aman di amplop, sampe tadi pagi akhirnya kubuka amplop, dan kupatahin sekalian sim card-nya. sebel.
      sama-sama mbak des..

      Delete
    2. selamat siang..
      salam kenal mbak
      Saya juga kena tipu ama indosat matrix dan sgt amat kecewa.. yang saya mau tanyakan saat mba membayar abodemen 100 rb itu apakah kartu sdh otomatis non aktif (apa ada buktinya mbak ?) atau masih ada tagihan berikutnya ?

      Delete
    3. Halo Mbak saya juga kena tipu.. awalnya saya jg bersifat seperti mbak. pas saya terima kartu dari kurirnya dan serahin fc ktp nah saya disuruh tandatangan di kertas kosong gtu mbak. dengan polosnya saya tandatangan aja..

      setelah saya terima lalu saya browsing2 perihal matrix. eh tau2 saya kena tipu. akhirnya dihari yang sama saya langsung ke gerai indosat lalu saya nonaktifkan. semoga aja ga dteng tagihan..

      jadi kapok make indosat, tapi gimana lg saya ud 8tahun pake indosat ga ganti2.

      Delete
    4. Tapi saat itu juga mba udh aktifin kartu sndiri gk..?
      Apa udh aktif dr sananya pkai nmer ktp mba..?

      Delete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  3. aku juga sama kena tipu. malah sudah 5 bulan belum aku bayar nih

    ReplyDelete
  4. Saya juga di tlp +62111 ktnya dapat kartu pasca bayar gratis.
    Td siang tgl 25/11/2015
    Ktnya besok hari jumat mau di prioritaskan krna sblm nya kiriman blm sampai. Saya bingung dan takut bhwa ini sebuah jebakan..
    Apa yg harus saya lakukan
    1.menolak kiriman nya

    2.menerima nya
    ..
    Tolong dongg

    ReplyDelete
  5. Saya juga di tlp +62111 ktnya dapat kartu pasca bayar gratis.
    Td siang tgl 25/11/2015
    Ktnya besok hari jumat mau di prioritaskan krna sblm nya kiriman blm sampai. Saya bingung dan takut bhwa ini sebuah jebakan..
    Apa yg harus saya lakukan
    1.menolak kiriman nya

    2.menerima nya
    ..
    Tolong dongg

    ReplyDelete
  6. Kalau sy ga dpt kartu tp nomer sy langsung di jdkan pasca bayar. Setelah satu bulan saya ditagih 350rb lebih. Dg alesan saya terdaftar paket data xxl apalah itu. Gila. Kecewa berat sama indosat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew sama tuh mba,trus di bayar ga mba tagihan nya??

      Delete