Wednesday, February 26, 2014

(ikutan) I'm in!

"I’m participating in the Pay-it-Forward initiative.The first 5 people who comment on this status with “I’m in” will receive a surprise from me at some point in this calendar year – anything from a sweet dessert, a lovely CD, a ticket, a book or just absolutely any surprise I see fit! There will be no warning and it will happen when I find something that I believe would suit you and make you happy! These 5 people must make the same offer in their status (FB or Path or Twitter, etc.) and distribute their own joy. Simply copy this text onto your profile, (don’t share) so we can form a web of connection and kindness

Let’s do more nice and loving things for each other in 2014, without any reason other than to make each other smile and show that we think of each other. Here’s to a more enjoyable, more friendly and love-filled year!"

Ketularaaaaan! Dasar ebu-ebu kurang kerjaan, hihihi (baca: memaksimalkan keaddan selagi bisa ngeblog sebelum melulai minggu baru, tsaah!). Pertama tau ini pas liat postingan BunDhir, kirain apaa...soale rada males kalo baca bahasa enggres. Pas diposting mas Dani, jadi mikir oh mungkin ini postingan tentang financial. Sangatlah sotoy yak si Prita. Terus kok buFit..eh si mama Barra pun. Terpaksa lah si ahli madya (yang katanya) dari Sastra Inggris ini baca postingannya. Hoalaaaah, kok eike telat sih maen beginiaaaan? *salah sendiri*
 
Karena kalah di ronde pertama alias pas di postingannya BuFit (hehehe), coba lagi peruntungan di blog mama Barra. Tadaaaa.... asiiik, dapeet! Gak papa lah musti ikutan posting juga, biar lebih lengket gitu macem ketan. Hehehe... Kalo inget-inget jaman dulu suka dapet hadiah beginian jaman langganan majalah Bobo. Pernah dapet duit, kaos, sampe bola sepak karena ikut undian Milo. Terakhir sih bukan hadiah ya, tapi apa ya, mungkin kebanggan yang diusahakan sendiri *apasiih*. Jadi saya punya author novel favorit, Ika Natassa. Tau gak, taulah dong? Pokoknya suka banget sama novel-novelnya...sampe dia mau bikin semacam kumpulan twit salah satu tokoh novel yang dia ciptain, itu tuh si Lexy alias Alexandra Rhea di novel Divortiare. Nah saya ikut ngumpulin twit-nya si Lexy tuh, karena emang follow dia juga. Hadiahnya? Alhamdulillah nama saya terpampang pertama di ucapan terima kasih di novelnya, Twivortiare itu. Gitu doang seneng? Iya, banget. Ngerasa dihargai aja sih kerja keras saya dan temen-temen lainnya yang ikut bantu ngumpulin. Mure banget emang si prita hahahaa :)))
Oh ya, mau skalian cerita. Selama ini khan cuma jadi silent reader-nya bu Indah, trus sering baca pengalaman dia yang temennya tau blognya dia gitu. Eh kejadian loh di sayaaa.... *facepalm*. Untungnya gara-gara postingan tentang vendor nikahan yang pernah saya share jaman...usia setahun pernikahan waktu itu. Kikikik...
Oh ya, soal si musim I'm in ini maaf-maaf ya kalo ikutan ide si BuFit sama mama Barra kalo terserah aye dulu, hehe. Sukur-sukuuuur ada yang mau ikutan, kalo enggak yah yang ada baca ini juga boleh komen loh ;)
 

Wednesday, February 19, 2014

Jedeeerrrr...

Beberapa hari lalu posting tentang R khan, agak jeder pas si mamanya Barra komen kalo saya agaknya selama kerja disini ngeluh mulu. Jedeeer, am I? 

Langsung pusing sampe pulang, mikirin apa iya... Bukan karena komenmu ya mama Barraa, bukaaan. Sampe akhirnya cerita ke suami dan mendapatkan jeder kedua: "aku udah gak bisa bedain antara cerita sama ngeluhnya kamu...". Ihik. Lalu lalu lalu pak pujo ngebahas aja dong karena sorenya saya agak ketus ngomong ke Bapak saya pas sowan ke rumah, padahal gak lagi ngapa-ngapain.
pak Pujo: aku gak suka ya kamu ketus gitu ngomongnya sama bapak..
me: ya khan gak maksud, aku juga lagi naroh gelas di pinggir lemari maksain lewat. Aku orangnya khan tremoraaan...lagian ngapain sih pada ikut ngeliatin aku pas lagi naroh gelas...udah tau gak suka diliatin :(
pak pujo: ya khan bisa bilang pelan-pelan, atau ntar dulu pak lewatnya lagi naruh gelas gitu..
me: iya sih... *jadi diomelin*

Double ihik plus jeder. Gak tau kenapa pula ini saya beberapa hari terakhir, terlebih semenjak bikin surat R, pengeeen banget sendirian setelah pulang kantor. Setelah seharian ketemu orang dengan berbagai watak dan ketidakterdugaannya mereka, pengennya tuh leyeh-leyeh melukkin si bayi bau acem. Nah kapan tuh pulang kantor langsung rendem cucian, nyapu, ngepel, dan nyiap-nyiapin setrikaan buat nyetrika malemnya, saya sempetin buat nyuapin Birru untuk makannya yang kelima kalinya. Abis nyuapin Birru saatnya main sama Uti khan bocahnya, terus gantian saya yang makan dan berencana abis itu cus mandi sambil nyuci. Pas ngambil makan tuh sebenernya pak pujo cuma pengen bercandaan saya dengan gendong Birru, sambil ngomong: "tuh ibu lagi ngupas telur asin, bagi dong buuuw". Eh kenapa malah saya ngomong: "udah deh sana, aku jangan diikut-ikutin, masa mau makan aja susah sih" *sambil setengah nangis*. Bener-bener itu otomatis pengen nangis, ya apa PMS... Ihik. 

Akhirnya kemarin nangis beneran, nangis ke pak pujo. Pak Pujo ngomong lagi: "aku suka heran apa yang ada di kepala kamu kalo kamu lagi rungsing gitu. kayaknya banyaaaak banget yang dipikirin". JEDER lagi...

I didn't mean to do that, suamiiw... Sungguh deh... Hiks.


Akhirnya pak suami nyaranin, gimana kalo bikin ceria aja setiap hari betapapun nyebelinnya hari itu. Kalo perlu, sampe orang-orang ngeh ada apa nih sama si Prita. Ihik, emang segitunyah ya akuuu.... Yaudah deh demi pak pujo dan Birru, kalo nggak buat siapa lagi...?

Maap ya kaloaku lagi suka ngeluh.
Teman-teman.
Suami.
Bapak....

Monday, February 17, 2014

Randomization and R.....

Udah lama benjeeet gak nulis dimari.

Huff, banyak banget kejadian baru. Dimulai darimana ya?

Oh ya, barusan banget baca tulisan BunDhir yang ini. Jadi inget weekend kemarin nginep di rumah Ibu, sekalian nitip Birru buat Minggu siang karena mau ngeliput acara Homecoming Day UI 2014, di Balairung sama Perpus Pusat UI. Pulangnya sempet oprek-oprek lemari baju lama, nyari barang-barang pas Birru baru lahir banget dulu buat bikin ini. Lucu ya ya ya? Kebetulan banget baju-bajunya sama puput pusar masih keliatan di sekitaran mata, gak ilang dan entah dimana geto maksudnya :D Eh kok ada amplop yang ujungnya udah ada robekan, eh...kok kayak ada isinya. Oh tagihan RS pas lahiran dulu kali ya, masukkin di frame juga apah (gak segitunya juga kali priiit...). Eh kok...isinya merah...eh ratusan ribu, eh 500ribu. Maaak, nemu duit. Hahahahaa, kayaknya kado jaman Birru baru lahir dulu deh, kebetulan juga abis itu lebaran khan, jadi dobel kadonyah. Alhamdulillaah, kebetulan banget bulan ini si Birru entah kenapa baju-bajunya pada menciut. Jumpsuit yang buat bobok aja udah mentok kakinya. Alhasil, pikiran saya yang bulan ini palingan bakal buat imun PCV doang, malah defisit gegara kalap beli baju-baju buat Birru, sama Bilna lagi-lagi banyak diskonan pluuus buy one get one Huggies lagi! Yaudahlah, rejekinya Birru ini mah. Buat beli apa nih dek...lemari baju Birru aja kali yah sama liat-liat ada diskonan flat shoes gak yah.Intinya sih percaya banget sama yang namanya rejeki dari Allah mah gak dituker-tuker. Rejeki tuh muter aja ko, tinggal waktunya aja tergantung kita sabar gak nunggunya. Eh ndilalah nemu rejekinya si bocah. Alhamdu....lillah. 

Trus gegara baca postingan Bubup yang ini niih, tentang si R yang itu tuuh, nah saya kebetulan per 1 Maret ini siap R dari tempat saya bekerja. Loh padahal khan deket, fleksibel, waktu buat Biru pun banyak? Apa alagi yang dicari? Duuh itu segalanya udah dipikirin. Gak usah egois deh prit mikirin obsesi sama passion? Yee itu mah 2 hal berbeda keleeus. Intinya sih saya dapet tawaran kerja di penerbitan, lagi. Dibilang rival sama perusahaan lama, belum juga sih, ini masih bayi banget nget nget. Kebetulan deket juga sih, deket banget malah. Plus, atasan disana mantan atasan saya di kantor lama. Ceritanya CLBK, apalagi kita juga sama-sama punya anak laki. Prosesnya cepet banget, dari iseng naroh lamaran gara-gara ditawarin, malah di hari yang sama disuruh ikut tes, ngisi formulir, minta gaji berapa, dan langsung ditantang...apa bisa mulai masuk minggu depan. What?? Sumpah cepeeeet banget. Masih gak nyangka pula sampe sekarang. Harus ninggalin 'kenyamanan' yang dikekang sama birokrasi ini. Tapi emang kok, sebagai almamater yang setia berjasa gak harus setia-setia amat, walau ngeliat temen sana-sini yang bahkan udah sempet jadi PNS di DepHub, sama jadi wartawan travelling di salah satu majalah ternama pun rela jadi magangers di UI lagi. Kemarin aja pas bikin surat R mewek aja dong, alhasil ngetik sambil di puk-puk temen seruangan. Tapi gimana mau jadi 'juragan antam' (baca: bayar cicilan KPR) kalo disini terus. Pengennya sih jadi ibu rumah tangga, sambil nunggu ujan emas batangan, tapi ya mau gimana.... Terpaksa nurutin passion-asal-kantor deket-bangeeeeeet, daripada nunggu ina-ini-anu. Udah gitu ya (ini 100% curhat), selain jadi cungpret (kacung kampret) dan ban serep yang setia bener sama kantor, masih aja loh 'diliat' kalo saya ini kayak karyawan yang nganu-nganu. Maksudnya, yang suka nunggak pinjaman di koperasi, pinjem inventaris gak dibalik-balikkin, yang gitu-gitu deh pokoknya. Oh come on? Udah jaman milenium loh ini.... Jalanin prosedur sih prosedur, tapi gak usah sok nantang mau meriksa ke bagian keuangan sama infrastruktur juga khan buat mastiin kalo saya gak ngutang apalagi minjem macem-macem? Silahkan aja sih, saya tantang balik ajah. Hiks.Baik-baik banget loh ini padahal R-nya, rela bangeeeeet ngurus tabungan pensiun gak bisa langsung keluar. Jabanin deh kalo pun harus berbulan-bulan jugak. Sumpah gak mentingin nominal. Kalo mentingin mah, ah sudahlah... Terlalu banyak kerugian materil pokoknyah :|

Jadi begitu deh... sebagai isteri sekaligus manajer keuangan di keluarga Dharmawan harus muter otak macem abang odong-odong. Apalagi kemarin baru ngeliat postingan biaya pendidikan SD yang di share sama temen di Path, masya ampun ye... Investasi emas batangan aja kalah bok.

Udah ah pusying...hihihi. Have a nice day. :)

Wednesday, February 5, 2014

loyalitas vs. profesional

Maap mau curhat.

Tadi pagi ngobrol singkat bin padet sama pak pujo pas nganter saya ke kantor. Tentang hal yang rencananya (insya Allah) bakal saya jalani dalam beberapa bulan. Tapi juga si suami cerita tentang hal gak enak yang kejadian sama dia. Jadi singkat cerita pak pujo sekarang berkantor di ruangan staf ahli, dulunya di bagian umum, walopun staf ahli ini dibawah bagian umum gitu lah. Nah semenjak berkantor disana, otomatis dia menghandle segala keperluan staf ahli di kantor, sampai peranin si pemegang uang makan si duo staf ahli. Singkat cerita, kalo pak pujo dituduh nilep uang makannya itu, dan yang nuduh OB kantornya. Sumpah ya, sebagai tiger wife (hahaha!) rasa-rasanya pengen tujes muka si OB pake pensil alis banget khan. Dan sebagai istri yang langsung panas duluan, saya langsung ngomong: "eh tuh orang kalo punya mulut jaga, kita juga gak susah-susah amat sampe harus nilep duit makan doang! kasih ke staf ahli aja mas, kamu jangan sampe dituduh kayak gitu lagi". Masalahnya, si staf ahli ini ngerasa jumawa kalo dikasih breg semua uang makan mereka sebulan. Dikiranya itu kantor keringet duit kali, jadi ngasi segitu buat per hari alias langsung abis aja lah. Kalo dipikir-pikir, pak pujo macem emak-emak yang jatah uang jajan buat anak-anaknya. Tapi mulut OB macem kayak gitu, bikin gatel mulut istri pak pujo buat gak maki-maki. Pak pujo bilang lagi, kalo akhirnya dia datengin itu OB, yang ternyataaaa dia dikomporin temenny sesama OB gitu deh buat nuduh pak pujo. Demi Rasul dan sahabat-sahabatnya ya, amit-amit saya kalo sampe punya kenalan OB kayak gitu. Memang selama ini, duo staf ahli minta beliin makan di kantin sama OB, si OB baru minta uangnya ke pak pujo. nah kalo pak pujo ada tugas ke lapangan dadakan, kasarannya si OB ini ngutang ke kantin, yang biasanya juga kalo pak pujo sampe kantor langsung ngasih uangnya lagi ke OB buat dibayarin ke kantin. Ribet yes? Yah memang kalo masih jadi kacung negara, semua hal memang jadi ribet, sampe ke urusan OB yang iri. Sorry to say, orang susah terkadang cari segala cara yang njelimet, yang akhirnya bikin dia susah sendiri juga ya?

Selesai cerita-cerita kantor dia, eh ngeliat ibu-ibu penyapu jalan di pinggiran hutan UI. Saya sih suka kagum aja ya, pasti ibu-ibu ini punya anak sama suami di rumah yang pastinya harus dimasakkin dulu, atau kalo punya bayi atau bocah pasti dimandiin dulu sebelum dia berangkat nyapu. Suka heran, mereka bangun jam berapa *self toyor*. Tapiiii bayangan itu berhenti ketika ngeliat mereka nyapu rontokkan daun sama sampah ke....GOT. Ya itu got sih emang ya bermuara ke 7 (atau 9 ya?) danau di UI sih, tapi apa kabar sampah daun dan kertas yang ikut dimasukkin juga? Jadi inget postingan Mbak Lita yang ini nih, sama Teh Nina yang ini. Gemes banget gak sih!? Rasanya pengenbilang kalo saya walau gak mampu-mampu amat tapi juga gak mau susah kayak gitu kok. Astaghfirulloh...tertohok secara mentally juga sih, karena tersadar mereka sesama orang Indonesia. Eh ralat, mereka sesama manusia, kayak kita. Jahat banget ya :( Dan pak pujo menyadarkan dengan kata: "yeah, f*ck you loyalitas". Yes, saya setuju pak pujoo. Buat apa menjadi profesional kalo bisa loyalitas dengan instannya, ya macem ibu-ibu itu nyapuin sampeh biar gak keliatan hanya dengan cring ...cring... masukkin sahaja ke got. 

Sempet juga tuh beberapa waktu lalu ngerasa ketipu secara physically dan mentally sama orang SDM di kantor. Sebenernya kami disahkan sebagai pegawai pemerintah non PNS, yang ruginya mengikuti sistem PNS. Bukan menjelekkan PNS ya sungguh, apalagi bapak, adik dan suami saya sendiri PNS. Pernah saya disuruh buru-buru mengurus akte, kk yang sudah ada Birru untuk tunjangan apa lah, eh setelah saya urus dan fotokopi tiba-tiba gak ada seminggu berkasnya ilang. Ngurus lagi lah saya dengan mangkel, males banget gak sih ngisi formulir panjang lebar pluuus nyetak foto lagi, fotokopi sama print scan'an berkas lagi juga khan? Eh pas udah ngurus kedua kali, ujung-ujungnya saya gak dapet tunjangan yang dimaksud karena suami saya PNS dan segala tunjangan ngikut suami. Sumpah masalah besaran angka di tunjangan tersebut tidak jadi masalah buat saya, tapi kepercayaan dan keprofesionalan (plus otak situ) dimana sih?? Kok berkas sampe hilang dan baru ngeh ada UU kayak gitu.

Jadi, apakah loyalitas = profesional? Jangan harap bisa kejadian...
Pft.

Monday, February 3, 2014

Birru 7 bulan

Kenapa bayi-bayi jaman sekarang tumbung cepet banget ya....

Mentang-mentang pula Birru lahir di bulan 7, saya jadi suka angka 7. Well, jadi Birru udah 7 bulan aja gitu per 1 Februari kemarin. Masih rela nggak rela kok si bocah jangkung ini udah 7 bulan aja :') Udah banyaaaak banget perkembangannya, apalagi hobi makannya. Persis plek plek banget kayak bapaknya (dan saya). Jadi Birru udah bisa apa aja sih:
  • udah bisa tahan lama banget tengkurep dan udah bisa balik sendiri yeay! Sebenernya udah bisa balik sendiri ini udah sekitar di pertengahan 6 bulan. Cuma sekarang lebih nggilani lagi, terhitung mulai ngejajah jatah kasur emaknya. 
  • Doyan macem-macem. Per tanggal 1 kemarin, udah mulai saya kenalin protein hewani bertahap. karena pas 6 bulan 2 minggu DSA dari Rumah Vaksinasi udah nyaranin tambah kaldu tiap makan berat, jadi protein hewani pertamanya adalaaaah ceker. Amis ya bok ngulitin ceker tanpa bumbu itu. Tapi terbayar sih, pas udah dimasukkin ke food processor barengan mashed potato atau sop, baunya guriih banget. Bocahnya lahap aja dong! Bahagiaaa...
  • udah banyak kosakata yang gak dikira sebelumnya. Kemarin hampir semua panggilan buat bapaknya disebut, kecuali "panda". Papa, ayah, abah, mama, emak. Saya sama bapaknya cuma ngakak, terus bocahnya bengong hihi. *tjium botjah*
  • Seneeeeeng banget duduk di depan kalo lagi naik mobil. Daripada jadi korban mangku bocah yang suka gulang guling, jadilah kemarin si carseat yang hampir pensiun dini dipekerjakan kembali. Anteng bin penasaran aja dong anaknya duduk berdua sama bapaknya. Nolah noleh kesenengan jadi navigator bapaknya *senyum sampe kuping*
  • Bakat alergi mulai ketara. Udah hampir seminggu Birru bruntusan di dada, punggung, leher, sampe bawah dagu. Semalem muncul di muka sampe anaknya rewel kegatelan. udah dibawa ke dokter sih, takut dermatitis atopik yang katanyaaa bakal eksim, kalo bahasa kampungnya. Bapaknya jaman kecil alergian plus punya asma, saya alergi debu, dan Uti-nya punya riwayat eksim. Sebagai emak yang khawatiran orangnya, dibawa kamis lalu ke dokter, alhamdulillah katanya sih bukan DA. DSA-nya sih nanya, apa akhir-akhir ini pernah dipakein minyak telon agak banyakkan. Umm, iya sih, saya emang masih penganut bayi pake ini-itu. Pikir saya karena musim hujan, agak dibanyakkin aja pas balurin telon ke badan Birru biar anget. Sama soal observasi makanan, bener-bener harus galakkin lagi nih observasi makanan tiap 3 hari sekali. Tapi khan, sebagai cucu kesayangan, mana mungkin yah ngelarang si Uti masak apa buat si Birru. Wong pernah si eyang bikin bubur, bersamaan buburnya si Uti jadi aja ngambeknya 10.000 tahun cahaya. Alesannya sih klise, biar Birru gak bosenan. Tapi khan tapiiii... Okelah selama gulgar gak dipake. *kibar bendera putih*
  • Yang awalnya 2 minggu pertama MPASI BB gak begitu signifikan naiknya, akhirnya naik juga pas ke DSA kamis lalu. Alhamdulillah, masuk juga di kepala 7 koma sekian BB-nya si Birru. Yah walopun BB gak berat-berat amat, yang penting kamu doyanan makan macem-macem plus lahap aja yah dek. 
  • Nendang-nendangnya udah kuat banget. Sampe waktu itu kepala gak sengaja ketendang Birru pas lagi bercanda, sampe migren semaleman. Hahaha :D
  • Pumping semakin jarang karena yang di pumping mentok di angka 30 ml :( Tapi kalo dinen langsung si Birru ampe sendawa gede banget sih. Jadi, dimanaaaa dimanaaa si LDR berada yah??? T___T
Gitu aja sih, gak  ada istimewa banget walau emaknya masih gak ngira, ini bocah yang hobi cegukan dan nendangin emaknya dari jaman dalem perut kok udah 7 bulan. :')

Selamat ulang bulan kesayangan Panda dan Ibu, makin pinter dan banyak akal yah dek :*