Monday, March 9, 2015

Suka Rafting?

Saya suka banget. Intinya sih, suka banget jalan-jalan. Lagian siapa sih yang gak suka jalan-jalan ya? Hehe. Tapi saya juga suka banget yang namanya outbond. Belum kesampaian sih, yang main outbond ekstrim yang di hutan-hutan gitu, tapi udah pernah rasain flying fox lumayan tinggi sampe rafting. Nah kalo urusan rafting, bisa dibilang saya sukaaaaa banget. Yang 2 jam hayo, yang 3 jam apalagi. Suka pake banget.

Sebenernya dulu gatau rafting itu apa, sampe kenal sama si Bunis alias Nisa dari kawanjalan.com (woy website lo gw mention nih, Nis! Hahaha). Waktu itu kami sekantor, dan dia kompooor banget urusan traveling. Dari dia saya kenal pergi ala backpacker, main di laut, plus outbond macem rafting. Sebenernya dia sering ngajak saya buat naik gunung, karena dia anak Mapala UI. Cuma saya selalu gak mau karena gak hobi jalan kaki yang jauuuh gitu. Gampang capek bin sesek soale, hehe. Tapi rafting pertama saya justru bareng sama Jupo, yang dulu belom jadi suami. Tapi tetep, nanya-nanya soal tinggi air, peralatan endesbre endesbre sama Bunis. Lulus di rafting pertama, lalu? Nagih di rafting kedua, ketiga, ke…tagihan lah saya.
Perdana, Caldera Indonesia (Sungai Citarik)
Waktu hamil Birru, saya juga sempet ngidam rafting. Sampe niat pokoe Birru usia 6 bulan saya mau turun rafting. Kenapa 6 bulan? Eike SC khan yes, baru bole ama dokternya pas 6 bulan pasca SC. Ihik. Tapi akhirnya mundur-mundur, trus gak jadi karena kurang orang. Dan akhirnya baru kesampean lagi, Sabtu lalu! Pas birru usianya udaaah…20 bulan aja dong. Udah gede aja sih tuh anak. Hih! Atas ijin Jupo dan mbok’ku, akhirnya saya berangkat cus mbayar ngidam dari 3 taun lalu.
Trus rafting dimana prit? Nah, kalo saya udah 3 kali di Sungai Citarik, dan sekali di Sungai Citatih. Dua-duanya ada di Sukabumi. Sungguhlah penapsaran rafting di Bali atau di Jogja. Lah, bedanya apa sih? Beda jeram laah. Jadi asiknya rafting atau berarung jeram itu pastinya ada di poin jeramnya, bukan di lama-sebentar waktu raftingnya. Bagi pemula (saya juga masih pemula kok hehe), sungai Citarik aman. Jeram-jeramnya asik, dan gak bikin kaget buat first-timer. Di sungai citarik ini ada beberapa operator (perusahaan penyedia) rafting. Tapi yang terkenal itu Arus Liar dan Caldera. Rafting pertama saya pake operator Caldera, dan 2 lainnya sama Arus Liar. Walau beda pelayanan dan tempat, sungai yang dipake sama, yaitu Sungai Citarik. So far, keduanya memuaskan. Harga per paket standar, dapet makan siang pula. Rangernya juga ramah-ramah. Tapi mungkin saya lebih suka ke Caldera, karena lebih banyak toiletnya dan lebih lega parkirannya. Arus Liar ada parkirannya juga siy, cuma (IMHO) karena terkenal namanya jadi lebih banyak orang yang kesini, sehingga kesannya rame. Dan mobil yang parker bisa penuuuh banget, jadinya berasa gak lega. Saran saya sih, biar lega dan enak, mungkin bisa dateng agak lebih pagi. Selain masih sepi, bisa turun lebih pagi juga asik karena mataharinya lebih bersahabat. 
Sungai Citarik (Arus Liar)
Beda lagi nih waktu rafting di Sungai Citatih. Walau jarak waktu ke operator di Sungai Citarik dan Citatih hampir sama, ternyata sungai Citatih lebih seru jeramnya loh. Tentu ada harga ada rupa, IMHO yaaa… Saya gak rugi pokoknya kalo rafting di Citatih. Kebetulan saya pake operator Riam Jeram. Jadi inget Adjie Massaid gak sih yang dulu pas nikah sama Reza Artamevia sambil arung jeram? Naah, katanya nih salah satu pemilik saham Riam Jeram ini si Adjie Massaid ini. Lah jadi gossip, hehe. Waktu itu, saya ngambil paket yang 3 jam. Karena udah 2 kali (waktu itu) ikut yang 2 jam, masa gak berani sih yang 3 jam, piker saya. Ternyataaa, gak rugi. Kita sampe ampun-ampun ngelewatin jeramnya. Hahaha, asik banget. Besoknya dapat dipastikan suara ilang plus bokong sakit karena jeram-jeram yang asik itu, hihihi. Walau sakit, tapi bener loh, nagih. Bener kata ranger saya kemarin, yang gak enak dari rafting cuma satu: NAGIH. Yeee, itu mah enak berarti.
Sungai Citatih, Riam Jeram.
Untuk yang tertarik rafting, mungkin persiapannya bisa dimulai dari olahraga. Kalo yang biasa olahraga, minimal jalan kaki, mungkin akan lebih luwes ketika harus pindah kanan-kiri di perahu ketika melewati jeram. Buat lebih nyaman, pake baju yang paling enak dipake aja. Gak mesti pake baju renang, atau sampe niat beli kok. Pokoknya yang enak dan nyaman. Jangan lupa pake sunblock, terutama di tangan dan kaki. Satu lagi nih, alas kaki. Yang paling enak sih pake sandal gunung, kalo gak punya bisa pake sepatu Crocs atau nyeker sekalian. 

Saya sih baru mau rencana bikin trip lagi, ada yang mau ikut atau dibikinin itinerary-nya? Boleh banget loh kontak ke saya… hehe.


NB: Ini bukan postingan berbayar, tidak ada maksud sama sekali merugikan salah satu pihak. Postingan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, dan hanya dengan maksud ingin berbagi. Terima kasih. :)

Anda sedang membaca artikel tentang Suka Rafting? dan anda bisa menemukan artikel Suka Rafting? ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2015/03/suka-rafting.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Suka Rafting? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Suka Rafting? sumbernya.

4 comments:

  1. Gw belom pernah! Nyahahahahahaha ngeriy ga sih? *anaknya penakut*

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete