3 bulan dari terakhir ke dokter Maria, saya ngeh kok mas B
makin kurus imut badannya. Selama ini saya pikir dia picky eater. Walau pada
dasarnya, kalo udah ketemu makanan yang lagi cocok di lidah dia, mas B super
gampang makannya, malah bisa ngabisin nasi 2 piring. 2 mingguan terakhir ini saya
ngeh kalo tambalan di salah satu gigi kelinci mulai kikis. Another gigi sebelah
duo kelinci (bukan yang patah) kok juga rasa-rasanya makin pendek yah (baca:
penekanan terhadap ketakutan gigi patah lagi). Coba nelpon dokter Maria,
ternyata gak dapet jadwal praktek yang cocok. Masih agak trauma juga jadi
korban bisnis RS yang pelayananannya thumbs down. Masih super duper kecewa
ceritanya. Ya masa anak bayik nangis, kata Jupo si susternya malah ngomong: “eh diem gak,
emang diapain sih? Diem gak!!”. Orang gila. Sayang saya gatau oknumnya. Mungkin
kalo tau, rasanya pengen saya anestesi bibirnya.
Mau gak mau daripada saya ketar-ketir, mulai deh browsing
cari rekomendasi dokter SpKgA. Dimanapun, catet. Saking ketakutan mas B bakal
diintimidasi lagi juga :(
Sampe nemu artikel ini di Mommiesdaily, dan beberapa blogpost dari temen-temen
blogger. The Smile Center. Baca nama tempatnya aja udah pengen senyum. Mudah-mudahan
berjodoh sama mas B. *fingercross*
Akhirnya Sabtu lalu saya coba nelfon ke The Smile Center. Stafnya
responsive banget, sampe menjanjikan mau nelfon balik setelah dapet jadwal
dokter yang praktek hari itu. Setelah ditelfon balik, mas B terjadwal dengan
drg. Ratna SpKgA. Kalo di rekomendasi yang sudah-sudah, di The Smile Center ini
yang favorit katanya sih dokter Alya. Tapi saking favoritnya, harus daftar h-2
bulan. Makjaaaan….akhirnya pasrah deh siapapun dokternya, insya Allah baik buat mas B.
Sampe sana kita disambut oleh ruangan serba putih yang serba
nyaman. Pas sampai disana kebetulan memang sudah jam-nya mas B dipanggil untuk
tindakan. Jadi Alhamdulillah gak bikin kita harus nunggu lebih lama lagi J Sebelumnya, kita disuruh untuk mengisi
formulir pendaftaran. Lalu, kita diberikan bonus sikat gigi. Kita diarahkan
menunggu lantai 3. Di lantai 3, dokter Ratna dan staf perawat sudah siap
menyambut mas B. mereka ramah sekali menggiring mas B ke dalam ruang perawatan,
sambil menawarkan macem-macem film.
“eh Mas B tau gak kucing apa sih yang warnanya biru? Atau mau
nonton mobil bisa ngomong?”
snack corner. self service, please :) |
mas B on action |
"bu ini kita dimana sih?" said mas B |
beautiful flowers |
Boro-boro deh mau milih film, mas B-nya udah jiper duluan
ngeliat kursi periksa. Huaaa..konser tangis pun dimulai. Dokternya minta ijin
langsung nindak mas B, berdasarkan kronologi yang udah saya ceritain pas daftar
via telepon. Oh iya, jadi sistemnya di The Smile Center ini sebelum pasien datang,
staf akan menanyakan apa yang dikeluhkan pasien sehingga ia mau dateng ke The
Smile Center. Jadi, nanti pas udah duduk manis di kursi pasien, dokter udah tau
nih riwayat-nya apa. Paling tinggal sedikit cek en ricek ke pasien atau ortu si
pasien. Back to mas B, konser tangis makin keras. Jadi saya ceritain singkat
apa yang dikeluhkan mas B, beserta bukti tambelan gigi di duo kelinci yang
sedikit kikis. Yang bikin saya agak shock, dokter minta ijin untuk anestesi
karena ada hal yang lebih mengkhawatirkan dibanding tambelan kikis. Ternyata,
si sisa gigi yang patah itu udah kena syaraf, jadi harus ada tindak lanjut
perawatan syaraf gigi yang harus diawali dengan tindakan anestesi. Ya Allah,
dulu aja saya takut pas harus banget dibius buat operasi geraham, eh anak
sekecil mas B udah harus banget di anestesi. Saya cuma bisa liat-liatan sama
Jupo yang mangku mas B, sambil komat-kamit “all is well”. Ada sekitar 5 orang
staf perawat yang bantu dokter Ratna, dimana 3 diantaranya ikut megangin mas B. Duh hati
ibu mana ya yang tega ngeliat anak begitu, tapi saya tau mas B nangis karena gak
nyaman dipegangin banyak orang. Syukur Alhamdulillah, dokter Ratna begitu
telaten dan juga staf-stafnya sama sekali tidak ada yang mengintimidasi
tangisan mas B. Semua fokus untuk nenangin mas B dengan kata-kata lembut,
manis, walau saya tau dari raut mata mereka gak tega juga denger mas B sebegitu
nangisnya. Sampai ketika dokter Ratna membius area sekitar gigi yang patah,
saya liat mas B agak kaget ditengah tangisannya. Abis itu dimasukkin semacam
jarum—mungkin untuk masukkin obat yang katanya ntuk perawatan syaraf itu. Sambil
melakukan tindakan, dokter Ratna memberikan penjelasan detail mengenai apa yang
dilakukan dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan saya seputar gigi yang
syuarafnya lagi dirawat itu. Dia memastikan kalo gigi mas B gak akan dicabut,
dan akan telepas sendiri ketika gigi tetapnya tumbuh—which makes me lega
banget. Dan selama itu pula, akan dilakukan control untuk melihat perkembangan
sisa gigi ini. Duh lega banget gak sih dengernya.
Semua tindakan berjalan gak sampe 10 menit. Cepet banget,
super singkat. Ini nih kenapa saya keukeuh sumeukeuh harus mesti dokter SpKgA
yang menangani gigi mas B, kadang dokter gigi umum suka lamiun yes. Apa kabar
mas B yang udah meraung-raung, ya khan? Kalo di detail, ada 3 gigi yang ternyata ada bolong kecil karena karies, dan beberapa kali tindakan anestesi di syaraf beserta perawatannya. Setelah selesai tindakan, mas B main
sama Jupo di area bermain yang ada di sebelah ruang periksa. Sementara saya
menceritakan sejarah gigi karies mas B. Gak henti-henti mengucap syukur, dapet
dokter Ratna yang telaten mendengarkan cerita dan keluhan ortu pasien tanpa
menghakimi. Dia juga memberikan tips menyikat gigi untuk toddler kayak mas B,
dan juga caranya. Banyak saran juga yang diberikan dokter Ratna demi kesehatan
gigi mas B ke depannya. Untuk kasus mas B, dokter Ratna menyarankan kontrol 4
bulan sekali. Mengenai biayanya, kalo diitung per item siih jauh lebih murah
dibanding di RS komersil. Tapi karena kemarin ‘banyak item’ yang dilakukan, ya
jadi lumayan bikin dompet asma sih juga sih biayanya. Hahaha :))
Overall, super puas dengan layanan dari The Smile Center. Sama
sekali gak nyesel dateng kesini, mas B pun susaaaah diajak pulang karena area
bermainnya super bikin nyaman. Hihihi, thank you The Smile Center!
*sengaja gak fotoin mas B pas tindakan karena boro-boro motion,
berdiri aja dengkul lemes ngeliatnya :p*
Rukan Royal Palace Blok B no.37
Jl. Prof. Dr. Soepomo, 178A
12810 – Jakarta Selatan
Telp: 021 8314973, 021 8314975
Update terbaru: right after pulang dari The Smile Center, mas B udah gampang banget kalo diajak makan kalau sudah waktunya. Kayaknya bener dugaan dokter Ratna deh, kalau ternyata mas B picky eater karena giginya sakit. Berarti, pilihan yang betul dong ya kalo saya ke The Smile Center? :)
Tiap baca postingan tentang pedo, selalu inget kalau Raya blm pernah periksa gigi & pengen.. Tapi selalu ngga sempet :(
ReplyDeleteAlhamdulillah mas B giginya dah enakan ya, semoga makannya tambah banyak & sehat terus, btw met ultah mas B *sotoy* *liat di lylipie katanya ultah* XD
hihihi makasih ya tante, ultahnya 1 Juli lalu nih, belum ganti lylipie :D
Deletehmm sebelum ada masalah ini juga gak kepikiran ke pedo sih mbak, huhuhu. yaa kalo ada waktu luang setitik, bisa ceki ceki ke pedo. kontrol-kontrol cantik, kalo bahasa kekiniannya hihii :)
Eh busyet mesti H-2bulan, ngak keburu makin sakit hahaha
ReplyDelete