Tuesday, July 14, 2015

Balada Si Gigi Kelinci (part 2)


3 bulan dari terakhir ke dokter Maria, saya ngeh kok mas B makin kurus imut badannya. Selama ini saya pikir dia picky eater. Walau pada dasarnya, kalo udah ketemu makanan yang lagi cocok di lidah dia, mas B super gampang makannya, malah bisa ngabisin nasi 2 piring. 2 mingguan terakhir ini saya ngeh kalo tambalan di salah satu gigi kelinci mulai kikis. Another gigi sebelah duo kelinci (bukan yang patah) kok juga rasa-rasanya makin pendek yah (baca: penekanan terhadap ketakutan gigi patah lagi). Coba nelpon dokter Maria, ternyata gak dapet jadwal praktek yang cocok. Masih agak trauma juga jadi korban bisnis RS yang pelayananannya thumbs down. Masih super duper kecewa ceritanya. Ya masa anak bayik nangis, kata Jupo si susternya malah ngomong: “eh diem gak, emang diapain sih? Diem gak!!”. Orang gila. Sayang saya gatau oknumnya. Mungkin kalo tau, rasanya pengen saya anestesi bibirnya. 

Mau gak mau daripada saya ketar-ketir, mulai deh browsing cari rekomendasi dokter SpKgA. Dimanapun, catet. Saking ketakutan mas B bakal diintimidasi lagi juga :( Sampe nemu artikel ini di Mommiesdaily, dan beberapa blogpost dari temen-temen blogger. The Smile Center. Baca nama tempatnya aja udah pengen senyum. Mudah-mudahan berjodoh sama mas B. *fingercross*

Akhirnya Sabtu lalu saya coba nelfon ke The Smile Center. Stafnya responsive banget, sampe menjanjikan mau nelfon balik setelah dapet jadwal dokter yang praktek hari itu. Setelah ditelfon balik, mas B terjadwal dengan drg. Ratna SpKgA. Kalo di rekomendasi yang sudah-sudah, di The Smile Center ini yang favorit katanya sih dokter Alya. Tapi saking favoritnya, harus daftar h-2 bulan. Makjaaaan….akhirnya pasrah deh siapapun dokternya, insya Allah baik buat mas B. 

Sampe sana kita disambut oleh ruangan serba putih yang serba nyaman. Pas sampai disana kebetulan memang sudah jam-nya mas B dipanggil untuk tindakan. Jadi Alhamdulillah gak bikin kita harus nunggu lebih lama lagi J  Sebelumnya, kita disuruh untuk mengisi formulir pendaftaran. Lalu, kita diberikan bonus sikat gigi. Kita diarahkan menunggu lantai 3. Di lantai 3, dokter Ratna dan staf perawat sudah siap menyambut mas B. mereka ramah sekali menggiring mas B ke dalam ruang perawatan, sambil menawarkan macem-macem film. 

“eh Mas B tau gak kucing apa sih yang warnanya biru? Atau mau nonton mobil bisa ngomong?”

snack corner. self service, please :)

mas B on action

"bu ini kita dimana sih?" said mas B

beautiful flowers
Boro-boro deh mau milih film, mas B-nya udah jiper duluan ngeliat kursi periksa. Huaaa..konser tangis pun dimulai. Dokternya minta ijin langsung nindak mas B, berdasarkan kronologi yang udah saya ceritain pas daftar via telepon. Oh iya, jadi sistemnya di The Smile Center ini sebelum pasien datang, staf akan menanyakan apa yang dikeluhkan pasien sehingga ia mau dateng ke The Smile Center. Jadi, nanti pas udah duduk manis di kursi pasien, dokter udah tau nih riwayat-nya apa. Paling tinggal sedikit cek en ricek ke pasien atau ortu si pasien. Back to mas B, konser tangis makin keras. Jadi saya ceritain singkat apa yang dikeluhkan mas B, beserta bukti tambelan gigi di duo kelinci yang sedikit kikis. Yang bikin saya agak shock, dokter minta ijin untuk anestesi karena ada hal yang lebih mengkhawatirkan dibanding tambelan kikis. Ternyata, si sisa gigi yang patah itu udah kena syaraf, jadi harus ada tindak lanjut perawatan syaraf gigi yang harus diawali dengan tindakan anestesi. Ya Allah, dulu aja saya takut pas harus banget dibius buat operasi geraham, eh anak sekecil mas B udah harus banget di anestesi. Saya cuma bisa liat-liatan sama Jupo yang mangku mas B, sambil komat-kamit “all is well”. Ada sekitar 5 orang staf perawat yang bantu dokter Ratna, dimana 3 diantaranya ikut megangin mas B. Duh hati ibu mana ya yang tega ngeliat anak begitu, tapi saya tau mas B nangis karena gak nyaman dipegangin banyak orang. Syukur Alhamdulillah, dokter Ratna begitu telaten dan juga staf-stafnya sama sekali tidak ada yang mengintimidasi tangisan mas B. Semua fokus untuk nenangin mas B dengan kata-kata lembut, manis, walau saya tau dari raut mata mereka gak tega juga denger mas B sebegitu nangisnya. Sampai ketika dokter Ratna membius area sekitar gigi yang patah, saya liat mas B agak kaget ditengah tangisannya. Abis itu dimasukkin semacam jarum—mungkin untuk masukkin obat yang katanya ntuk perawatan syaraf itu. Sambil melakukan tindakan, dokter Ratna memberikan penjelasan detail mengenai apa yang dilakukan dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan saya seputar gigi yang syuarafnya lagi dirawat itu. Dia memastikan kalo gigi mas B gak akan dicabut, dan akan telepas sendiri ketika gigi tetapnya tumbuh—which makes me lega banget. Dan selama itu pula, akan dilakukan control untuk melihat perkembangan sisa gigi ini. Duh lega banget gak sih dengernya. 

Semua tindakan berjalan gak sampe 10 menit. Cepet banget, super singkat. Ini nih kenapa saya keukeuh sumeukeuh harus mesti dokter SpKgA yang menangani gigi mas B, kadang dokter gigi umum suka lamiun yes. Apa kabar mas B yang udah meraung-raung, ya khan? Kalo di detail, ada 3 gigi yang ternyata ada bolong kecil karena karies, dan beberapa kali tindakan anestesi di syaraf beserta perawatannya. Setelah selesai tindakan, mas B main sama Jupo di area bermain yang ada di sebelah ruang periksa. Sementara saya menceritakan sejarah gigi karies mas B. Gak henti-henti mengucap syukur, dapet dokter Ratna yang telaten mendengarkan cerita dan keluhan ortu pasien tanpa menghakimi. Dia juga memberikan tips menyikat gigi untuk toddler kayak mas B, dan juga caranya. Banyak saran juga yang diberikan dokter Ratna demi kesehatan gigi mas B ke depannya. Untuk kasus mas B, dokter Ratna menyarankan kontrol 4 bulan sekali. Mengenai biayanya, kalo diitung per item siih jauh lebih murah dibanding di RS komersil. Tapi karena kemarin ‘banyak item’ yang dilakukan, ya jadi lumayan bikin dompet asma sih juga sih biayanya. Hahaha :))

Overall, super puas dengan layanan dari The Smile Center. Sama sekali gak nyesel dateng kesini, mas B pun susaaaah diajak pulang karena area bermainnya super bikin nyaman. Hihihi, thank you The Smile Center!

*sengaja gak fotoin mas B pas tindakan karena boro-boro motion, berdiri aja dengkul lemes ngeliatnya :p*

The Smile Centre
Rukan Royal Palace Blok B no.37
Jl. Prof. Dr. Soepomo, 178A
12810 – Jakarta Selatan
Telp: 021 8314973, 021 8314975



Update terbaru: right after pulang dari The Smile Center, mas B udah gampang banget kalo diajak makan kalau sudah waktunya. Kayaknya bener dugaan dokter Ratna deh, kalau ternyata mas B picky eater karena giginya sakit. Berarti, pilihan yang betul dong ya kalo saya ke The Smile Center? :)

Anda sedang membaca artikel tentang Balada Si Gigi Kelinci (part 2) dan anda bisa menemukan artikel Balada Si Gigi Kelinci (part 2) ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2015/07/balada-si-gigi-kelinci-part-2.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Balada Si Gigi Kelinci (part 2) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Balada Si Gigi Kelinci (part 2) sumbernya.

3 comments:

  1. Tiap baca postingan tentang pedo, selalu inget kalau Raya blm pernah periksa gigi & pengen.. Tapi selalu ngga sempet :(
    Alhamdulillah mas B giginya dah enakan ya, semoga makannya tambah banyak & sehat terus, btw met ultah mas B *sotoy* *liat di lylipie katanya ultah* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi makasih ya tante, ultahnya 1 Juli lalu nih, belum ganti lylipie :D

      hmm sebelum ada masalah ini juga gak kepikiran ke pedo sih mbak, huhuhu. yaa kalo ada waktu luang setitik, bisa ceki ceki ke pedo. kontrol-kontrol cantik, kalo bahasa kekiniannya hihii :)

      Delete
  2. Eh busyet mesti H-2bulan, ngak keburu makin sakit hahaha

    ReplyDelete