Wednesday, January 13, 2016

Review: Cakra Homestay






jalan setapak menuju Cakra Homestay

jalan setapak menuju Cakra Homestay
rumah masa kecil
jalan setapak menuju Cakra Homestay


Sejak sadar pulang kampung kali ini bertepatan dengan peak season, hampir sebulan sebelumnya saya dkk udah ngelist mau nginep dimana aja. Kebetulan juga, kamar di rumah Mbah saya di Solo yang sudah jadi losmen, sedang disewakan untuk 2 tahun lamanya. Jadi mau gak mau kita browsing homestay di deket-deket situ.

Akhirnya saya direkomendasikan oleh 2 orang temen, sebuah homestay yang hanya berjarak 50 m dari rumah Mbah saya, bernama Cakra Homestay. Cakra Homestay ini kebetulan banyak disukai oleh turis-turis asing dan lokal karena tarif inap per malamnya sangat terjangkau. Saya sendiri booking H-sebulan melalui telepon. Stafnya ramah, dan sangat membantu. Untuk kamar dengan fan (kipas angin) dikenakan tarif 150 ribu/ malam, sedangkan kamar dengan AC dikenakan 200 ribu/ malam. Harga tersebut sudah termasuk dengan sarapan loh. Murah, bukan?

Cakra Homestay ini, menurut ibu saya, milik mantu dari yang punya Batik Danarhadi. Tau dong batik Danarhadi yang cabangnya ada dimana-mana itu? Areanya luaaaas sekali. Khas eks pabrik batik, sama seperti rumah Mbah saya. Ada beberapa bagian pabrik yang tidak dihilangkan, seperti menara pengawas mandor dan lampu-lampu bertiang. Tanamannya banyak, homey banget bikin yang nginep betah. Banyak benda-benda jadul yang dipajang di beberapa ruangan, seperti di ruang makan dan ruang gamelan. Ada kolam renang juga yang bisa dinikmati kapan aja. Sayangnya, pas kemarin ini saya ga dikasih air mineral, selimut, maupun handuk untuk servis di kamarnya. Padahal menurut teman saya, semua ada saat dia berkunjung beberapa waktu sebelumnya.  

Untuk sarapan sendiri, homestay ini hanya menyediakan roti. Kalau biasa sarapan berat, tinggal jalan kaki 30 meter dari gerbang homestay, bakal ketemu mbok bakul nasi liwet, pecel, dsb. 

Overall, saya dan teman-teman puas dan sure we’ll be back kalo ada rencana ke Solo lagi :)



JL. Cakra 2, No. 15, Kauman, Solo
Jawa Tengah, Indonesia

Anda sedang membaca artikel tentang Review: Cakra Homestay dan anda bisa menemukan artikel Review: Cakra Homestay ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2016/01/review-cakra-homestay.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Review: Cakra Homestay ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Review: Cakra Homestay sumbernya.

7 comments:

  1. bu prita makasiy review-annya.. salam kenal. hihihihii

    ReplyDelete
  2. nyaman sekali ya dan barang2 nya oldies nan nostalgia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak fe....bikin betah dan gak mau pulang :)

      Delete
  3. haiii mba prita. saya baru pertama kali berkunjung kesini dan langsung nge bookmark hehehe. Homestay ini bisa dijadikan referensi kalo ke jateng. oia, ijin buka2 artikel lama ya.. suka baca tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tengkyuuu, salam kenal yaa..silakan silakan :)

      Delete
  4. Mba prita homestay nya bneran recommended gak ? Soalnya januari mau ksna. Aku bawa anak kecil mba kira2 serem gak tmptnya ? Kmr sama kmr mandinya bersih gak ya ?

    ReplyDelete