Tuesday, January 21, 2014

Bromo Trip - Juli 2012 (1)

Biar gak dikata curang sama BagindaRatu karena ngebahas berbagai trip dalem satu postingan *sungkem*, berikut saya mau sharing jalan-jalan backpacker ala saya dan teman-teman saya waktu ke Bromo dan sekitarnya, Juli 2012 lalu.

Sejujurnya, trip ini bukan trip dadakan macem "ke Bandung yuk". Saya dkk sudah merencanakan jauh-jauh hari, mungkin sejak Des 2011, dan baru terealisasi di Juli 2012, karena saya sudah kelar dengan urusan pernikahan, pak pujo sudah selesai prajab, dan sebagian teman saya baru sudah mendapatkan hak cutinya. Bahkan, Bunis si empunya KawanJalan dan kompor meledug, sampe bagi celengan plastik yang suka dijual di abang-abang, buat ngingetin kita buat nabung demi Bromo. Hahaha, kocak deh. Selain alesan yang disebutin tadi kenapa harus bulan Juli, namanya juga penerbitan, sobat karib bener tengah tahun sama yang namanya semester baru. Jadi such a big NO-NO buat ngadain sebelum bulan Juli. Lucunya lagi, saya dan Bunis kebetulan dalam divisi yang sama, cuma berbeda produk. Waktu itu saya memegang majalah anak sedangkan dia Buku TK. Dan udah ada peraturan tidak tertulis, untuk sebaiknya karyawan dalam satu divisi tidak mengambil cuti dalam waktu bersamaan. Lah kepiye tiket kereta yang udah dipesen? Akhirnya kita ngadep bos bareng :)) dan BERHASIL tanpa cingcong! Ada satu kebetulan lagi, waktu itu kami niatnya cuti hanya 2 hari, di hari Kamis dan Jumat. Eh kebetulan Rabu-nya pilkada DKI jaman Jokowi-Ahok, dan semua perusahaan diliburkan. Kebetulan, kami berencana naik kereta di Rabu maghrib, dan udah ribet mikirin gimana kita ke stasiun kota sepulangnya kantor. Haaa, untungnya libur jadi gak mikir. Yang kesian pak pujo, karena kerjanya di Depok, jadi gak dapet jatah libur pilkada hihihi. *puk puk pak pujo*

Rabu, 11 Juli 2012
Janjian sekitar ba'da Ashar di stasiun Pocin untuk menuju Stasiun Kota. Sekitar satu jam, akhirnya kita sampai, dan gabung sama temen-temen lain yang udah nyampe duluan, Yudi dan Sony. Bunis juga janjian sama 2 orang temen kuliahnya, Dini dan *ah aku lupa namanyaaaa*:))). Baiklah, sebut saja si Neneng *brb nanya bunis :))*. Nanya-nanya-nanya, ternyata si kereta yang bakal dinaikkin udah menclok daritadi di Stasiun Kota. Pft. Baiklah, langsung cus masuk, dan nyari nomor tempat duduk. berhubung bawa misua, ya iyalah saya duduk sm pak pujo. sementara yang lain, nyari pasangan masing-masing on board.
Baiklah berangkat. Nah kereta Gumarang ini, kereta bisnis. Berangkat dari jam 6 sore, nyampe Sby jaaaam 8 pagi sajo *puk puk punggung*. Untung salah satu teman kami punya akal untuk membawa bekal Hokben take away, jadilah hokben menu makan malam kami waktu itu.
Sadar akan betapa lamanya kami di perjalanan, muncullah berbagi ide untuk menghabiskan waktu di kereta. Padahal baru aja 2 jam melepas sauh dari stasiun Kota, kita udah ribut main kartu tepok nyamuk :)) Kalo itu kereta eksekutif, mungkin kami udah diusir karena berisik ketawa-ketawa sampe nangis. Abis main kartu tepok nyamuk sampe bego, akhirnya kita milih beristirahat, buat bekel tenaga perjalanan berikutnya besok, alias nyadar setelah turun dari kereta ini masih jauuuuh jarak yang harus kami tempuh :D

Kamis, 12 Juli 2012
Pukul 8 pagi kami sampai di stasiun Surabaya Pasar Turi, dan bergegas mencarter mobil angkutan umum untuk menuju Stasiun Surabaya Gubeng. Kenapa ke Gubeng? Soalnya kereta Mutiara Timur (siang) yang akan membawa kami ke Stasiun Probolinggo start-nya disana. Eh eh, tapi ini kok perjalanannya menclok sana-sini sih? Jadiii awalnya tuh teman-teman saya yang lain mau berangkat duluan ke Pulau Sempu bari ke Bromo, jadi jalur ini yang mereka pake. Berhubung banyak informasi yang bilang kalo lebih enak ke Bromo dulu baru Sempu--tapi udah terlanjur bebelian tiket menclok sana-sini ini, akhirnya pake itin yang ini. Lagipula, that was my first experience backpacker-an jauh. Jadi sama sekali gak ngerasa rugi :)

mana backpacker beneran mana yg boongan? :p


Sambil nunggu kereta yang bakal ngebawa kami ke Stasiun Probolinggo, kami cari sarapan dulu di depan area stasiun Gubeng. Ada angkringan, soto gerobak, pecel, dan juga resto soto. Karena perjalanan masih setengah harian lagi dan saya gak mau ambil pusing kalo jatuh sakit, saya ambil pilihan makan soto yang di resto. Lumayan lah buat isi perut, walau di kantong agak gimanaa gitu :p
Nah mengenai stasiun Surabaya Pasar Turi vs Gubeng, saya kira awalnya bagusan Pasar Turi loh. Taunya Gubeng lebih bagus, lebih rapih dan bersih. Sempat juga bersih-bersih dan (maaf) mengganti pakaian dalam karena gak sempat mandi, toiletnya juga lumayan bersih walau sempit. Apalagi ada salah satu teman kami yang kebetulan sedang datang bulan, dan menurutnya dia nyaman dengan kondisi toilet.
sampai di Stasiun Gubeng

Tibalah kereta yang kami tunggu. Walau sama-sama kereta Bisnis, jauh lebih bagusan Mutiara Timur dibanding Gumarang loh! Padahal Gumarang lintas propinsi. Apa karena cuma lintas kota/ kabupaten jadi lebih nyaman yah? Well, I dont know exactly. Udah gitu, kita lewat di tengah-tengah 'kolam raksasa' lumpur Lapindo loh! Seru banget! Jadi rel kereta yang kami naiki ini terkesan seperti membelah 'danau' lapindo. Kenyataannya, rel kereta tetap pada posisi (yang bahkan) sebelum bencana lumpur lapindo, dan hanya diberi penahan ribuan kantong pasir dan apa ya...tumpukan raksasa batu kali untuk menahan lumpur gak mengalir ke rel kereta. Sempet deg-degan sih, gak kebayang pas lagi ngelewatin rel, eh jebol penahannya. naudzubilahmindzalik. Mungkin itu penyebab kereta jalan agak lambat waktu melintasi rel di antara 'danau' lumpur ini.
di dalem kereta Mutiara Timur Bisnis yang baguuuuuus dan bersih :)

Kereta sampai di Stasiun Probolinggo sekitar menjelang Dzuhur. Sekali lagi, kami harus menyewa angkutan umum untuk menuju tempat penyewaan minibus menuju Cemoro Lawang. Sesampainya di retal minibus, kami menyempatkan untuk mengisi perut dulu. Kebetulan ada warung nasi kecil di sebelah rental mobil. Bismillah semoga slamet, saya coba makan di tempat ini. Tau berapa harga yang saya harus bayar untuk seporsi nasi dnegan telur balado dan tumis buncis plus es teh manis? 5 ribu sajo sodara-sodaraaa! Jadi nasi dan lauknya 4 ribu, es tehnya seribu. Sekalian lah saya bayarin si suami yang makan soto seharga 4ribuan. Irit! *cium mbak penjual nasi*


abaikan saya yang sempet2nya bikin alis dan mencong yaah :))

kekenyangan makan murmer :D

So here we go to Cemoro Lawang. Jangan bayangin mobil travel yang buat ke Bandung, bayangin aja (kalo yang pernah ke Jawa atau daerah yang ada pasar di pinggir jalan) mobil pengangkut mbok0mbok penjual sayur bakulan. Nah itu mobilnya. Walau 'omprengan', isinya luaaas. Di belakang supir persis ada area buat naroh carrier sama backpack aja, kita asih bisa duduk selonjoran. Gak masyalah banget ini mah :D Jalanan sih meliuk-liuk ya, typically daerah pegunungan. Kanan-kiri jalan gak jarang jurang melompong, walau lebih sering dihiasin kebun kol-brokoli-wortel-kembang kol yang sumpah wangi sayur banget! Me likey! Kebetulan banget pula kami berangkat setelah musim semester baru, jadilah kepenatan dibayar murah dengan aroma kebun sayur, hihihi. Kita juga sempet brenti di suatu spot yang keliatan jelas ada air terjun. Padahal air terjunnya jauuuh bangetm tapi saking noraknya ketemu dan liat pemandangan air terjun, request lah minta brenti dulu sebentar sama pak supir.
kapan lagi liat landscape kayak gini... *di puncak ada kale prit*
bukan lagi nyari spot buat pipis ya, tapi nemu pemandangan air terjun di pinggir....jurang ajah gitu.

Jalanan mulai menyempit, dan waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang. Udara mulai sejuk, dan pakaian kami masih satu lembar alias pake t-shirt doang. Gak lama, sampe juga di Cemoro Lawang. Karena baru sampe dan masih belum ngerasain beda suhu, kami masih asik-asikkan berfoto dengan t-shirt aja, tanpa jaket gitu. Catet, T-shirt dari kemarinnya ya, secara mandi aja belum! :p Setelah turun dari minibus dan janjian buat besok jemput kami lagi sama pak supirnya, kita menuju homestay yang sudah Bunis sewa dari semenjak jauh-jauh hari. Homestay disini rumah penduduk, yang kalo musim liburan gini disewain sama turis lokal dan turis luar. Waktu itu, kami menghabiskan 400ribu untuk menyewa 2 hari semalam (pokoknya selama kita disana), dan dijanjikan bakal ada air panas. Ada satu temen kami, Yuki, yang langsung mandi karena gak tahan gerah. Luckily, dia masih sempat mandi plus keramas pake air anget, dan setelah itu listrik mati--begitu pula si mesin air anget dong ya! Udah mulai kerasa dingin pula! saya sih gak tau sampe berapa derajat, pokoknya jalan kaki di dalem rumah aja cuma pengen pake kaos kaki. Dingin banget sampe sakit perut! Akhirnya kami mandi satu persatu, yang airnya sedingin air es plus es batu balokan. Dingin buangeeet! Jadi inget kata ibu saya, katanya jaman dulu pas beliau ke Bromo, bawa sangu lemper sampe jadi es batu. Ya bener ternyata!

Anda sedang membaca artikel tentang Bromo Trip - Juli 2012 (1) dan anda bisa menemukan artikel Bromo Trip - Juli 2012 (1) ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2013/12/bromo-trip-juli-2012-1.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Bromo Trip - Juli 2012 (1) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Bromo Trip - Juli 2012 (1) sumbernya.

2 comments:

  1. Waaahhhh..... beneran backpacker-an ya, Ta. Kalo masih ber2 doang sih emang seru banget deh, ngebolang begini... cobaaaa udah bawa krucil, hahaha, horrooooorrrrr....! :P
    Eh, ini kenapa sih, jurnalnya nggantung begini? Terusin, terusin! :D

    ReplyDelete
  2. hihi beneran mbaaak...pulangnya sih enggak, hehehe

    inii aja ngeliat mukaku sendiri bocah banget. padahal udh nikah--karena belum punya anak kali ya :p

    tuh udah dilanjutin :D

    ReplyDelete