Thursday, January 23, 2014

Bromo Trip - Juli 2012 (2)

------> continued

Tukang bakso udah jadi inceran turis tiap rumah, bolak-balik dipanggilin--ya walopun rasanya so-so lah ya. Di dalem rumah, kita pun mulai ngerebusin bekal Energen jahe dan coklat panas, pake kompor spiritus yang udah Bunis bawa dari Depok. Dari mendidih ke anget, 5 menit aja gituh. Alhasil pas udah mendidih kita buru-buru minum, karena saking cepet banget angetnya itu minuman. Call me si norak, tapi emang gak pernah ngerasain sedingin ini, hehehe.

Sambil nunggu giliran mandi, saya dan Uni (namanya sih Sari, tapi karena aseli Padang jadi kita manggilnya Uni) menuju ke tempat penyewaan jeep, bakal besok berkelana ke 4 titik wisata, mulai dari Pananjakan sampai lautan pasir. Ternyataa, walau itu jeep 'penculik' berbahan solar, tapi mahal ya bok nyewanya! Tapi udah terhitung murah karena kita murni backpacker, yaitu: 600ribu/ jeep. 1 jeep bisa muat sampe 6 orang, lumayan lah ya. Gak kebayang kalo ada newlywed yang niat kesini, beratdi ongkoos. Hahaha!

Setelah mandi, kita mulai gak kuat kalo cuma pake t-shirt atau polo shirt doang. Saya mulai pake jaket bekel liat sunrise besok paginya, dan yang lain ada juga yang pake sweater. Jangan harap bisa pake sendal disini. Pake sendal gunung pun musti hati-hati. Karena struktur jalannya bebatuan tajem, jadi terpaksa lah kita pake sepatu semuanya. Untung udah sedia sarung tangan dari rumah, saya udah gak tahan buat gak dipake. Beda 2 jam, di tempat yang sama, kami foto-foto lagi dengan penampilan yang berbeda. Babay T-shirt doang, hahaha! Pemandangannya didominasi kabut, walau itu baru menunjukkan jam 4an sore. Tapi lumayan lah, kita bisa jelas ngeliat Gunung Bromo sama Batok dengan jelas. Sempet juga ketemu sepasang turis Aussie, yang kayaknya lagi anniversary-an sambil backpacker ke Bromo, too bad, dia kira Bromo gak sedingin (mungkin) negara bersalju yang pernah dia datengin. dan kebetulan juga, mereka berdua baru pulang dari Bali, weather lag lah mereka. Hihi, si cowok cuma pake t-shirt bola dan jeans plus sendal jepit, pacarnya cuma pake dress dengan cardigan. Kebayang lah, mereka berdua cuma sedakep alias nyilangin tangan di dada pas ngobrol-ngobrol bareng kita.
Yudi - Saya - Yuki - Bunis - Sony. Oh ya, pulang dari Bromo si Yuki dan Yudi jadian sampai sekarang!

Matahari mulai tenggelam, laper lagi dong ah! Berhubung gak ada pilihan lain, kita makan nasgor di deket homestay. Abis makan, listrik masih mati, alamat gelap-gelapan sampe gak tau kapan--judulnya. Ternyata, Heidy bawa semacam petromax-petromaxan yang pake baterai. jadilah kita malem itu ngabisin waktu sambil main kartu tepok nyamuk sampe bego, dengan muka abis dibedakkin. Karena mati lampu juga, yang awalnya sebagian cewek tidur di atas, jadilah itu kasur dibawa ke lantai 1 semua, dan tidur berjamaah ber-11 ajah gitu di ruang tamu. Hihihi.

Sungguhlah magabut nasib kulkas di tengah-tengah ruang tamu itu.


Jumat, 13 Juli 2012
Jam 2 pagi, sesuai janji si bos-nya penyewaan jeep, supir jeep yang kami sewa udah ngetok-ngetok homestay kami. Thanks God, lampu udah nyala. Rada anget, rada doaaang... Yah 5% angetnya lah. Brb kita gosok gigi, gantian pake kamar mandi. Untung saya bangun agak awal dan sempat p*p, hehehe. Gak kebayang pas di lautan pasir kebelet khaaan?? *alibi* Saya pakai sampe 3 lapis (4 deng sama br*) kaos lengan pendek hitam polos, turtle neck Zara, plus jaket parasut yang dalemnya ada 2 lapisan flanel dan wol (apa kapuk kasur? :p) beli di KuKel UI (what do you expect sama barang KuKel khan yeee--yang penting anget), kaos kaki plus sneakers, dan sarung ta...KOK CUMA SATU BIJI? Ilang aja dong pasangannya. Yoweslah nanti beli pas di Pananjakan. Setelah siap semuanya, sekitar jam 3 kurang kami masuk ke jeep dan langsung caw menuju Pananjakan.

Karena ber-11, kami nyewa 2 jeep. Saya satu jeep bersama Yuki (dan kami duduk depan berdua), suami, Bunis, Sony dan Yudi. Sukaaaaaa banget pagi buta ngelewatin lautan pasir, terus menanjak menuju Pananjakan demi liat sunrise. Yang paling suka pas jalanan kelak-kelok, dan liat jeep-jeep lain yang lewatin lautan pasir udah kayak bintang aja. Langsung kebayang betapa tingginya posisi kita saat itu. Yang paling indah, walau gelaaap gulita, saya masih liat puluhan tanaman edelweis yang masih menempel cantik di pinggir tebing. Cantik banget! Padahal saya benci banget ngeliatnya kalo udah dijual  sama mamang-mamang versi Tangkuban Parahu.

Sampe Pananjakan, ternyata udah ada ratusaaaaan jeep-jeep yang udah nyampe duluan. Saya kira udah bakal deket atau jalan dikit lagi nyampe, taunyaaaaaa masih jauh mameeen! Yah gak jauh-jauh amat sih. Tapi lumayan lah sekitar 3 kali muterin GBK, mengingat saya punya sesak napas, dan suami asma berat. Emang kali saya yang payah karena dingin bangeeeet apalagi mengingat kita di ketinggian seperti itu yang ribuan orang rebutan ngambil oksigen, akhirnya berhenti mulu huhuhu :(. Sempat ketinggalan rombongan karena saya mampir beli sarung tangan dulu. Tapi akhirnya ketemu lagi sih, sambil teriak nama si Bunis--yang langsung ditegur suami "kebayang gak ada berapa nama Nisa di ribuan orang ini?". Bodor bener yak hehehe. Suami langsung nyiapin kamera, Sony pun udah bertengger manis di seberang pembatas, nyiapin tripod-nya. Jaket pun gak lupa diretsleting sampe leher, dan si pasmina sudah bertengger manis di leher. Sip deh, udah ngalahin orang mau ski.

Akhirnya sunrise juga. Udah ketebak, itu ribuan orang langsung dong berebutan ke arah pembatas buat ngambil gambar. saya yang kalah gede dan bongsor ama bule di depan saya, cuma bisa jinjit dan nyari sela di antara ketek om bule buat ambil gambar. Kalo dipikir-pikir, sunrise doang ini sih, tapi kapan lagi sih liat sunrise di Bromo? ;) Ternyata si om bule ngeliat kesusahan saya ambil gambar, dan  ngasih tempatnya sebentar buat saya bisa motret pemandangan sunrise. Alhamdulillah, baiknyaaa...

Mataharinya nongol!

Pemandangan Gunung Batok, Bromo, dan Semeru dari kejauhan.


Selesai liat sunrise, kita bergegas ke jeep buat menuju spot selanjutnya. Kata si supir jeep, kita udah agak kesiangan. padahal pas diliat masih sekitar jam 6 pagi. Yaudah lah. Eh dasar gak bisa liat pemandangan bagus, sempet-sempetnya lagi kita minta brenti buat foto di pinggir...jurang (lagi)! Kebetulan banget matahari udah tinggi, dan Bromo yang keliatan dari atas bener-bener keliatan seluruhnya. Sambil sarapan silverqueen beku, yang kata Bunis silverqueen itu sarapannya pendaki gunung karena lumayan banget kandungan gulanya bikin nambah energi, kita menuju kawah Bromo. Namanya perut orang Depok, kalo gak nyarap beneran, gak lega. Akhirnya kita sarapan mie instant di dekat parkiran jeep di bawah kawah Bromo. Disini udara udah jauh lebih anget, retsleting jaket pun bisa dibuka sedikit. Sarapan selesai, kita langsung jalan menuju kawah Bromo. Jalan lagii?? Yes. Capek bener yah nyonyah... Apalagi kali ini bener-bener jauh, daaan kita bakal ke bibir kawah Bromo. Buat tips, yang mau kesini dan jalan menuju kawah, wajib bener pake masker yaaa. Selain debu-debu pasir beterbangan, banyak 'onde-onde' alias p*p kuda bertebaran DIMANA-MANA. Gak usah milih-milih jalan sambil lompat-lompat juga ngehindarin 'ranjau'. Gak banget sih, tapi setidaknya bisa milih dong ya mana yang masih 'baru' mana yang udah lama. Maap maaap...tapi ini beneran. Karena udah capeeek banget, dan masih kebawa capeknya perjalanan 24 jam kemarinnya, saya manggil abang ojek kuda. Niatnya saya manggil 2 kuda, untuk saya dan suami. 70ribu aja gitu 2 kuda, tapi menurut saya siih worthed daripada harus jalan. Dan itu bener-bener sampe kaki tangga menuju bibir kawah Bromo. Lah, MANA SUAMI SAYA... dan langsung disambut dengan gundulnya dari kejauhan sambil: jalan kaki. Ternyata suami saya takut naik kudaa! Dan dia mending bayar 50 ribu daripada harus naik kuda. lah gak jadi naik kuda kok yo bayar tho mas mas...*ngakak aseli sumpah*. Alesannya: "kudanya gak mau diem pas aku naik, terus ngegriyel-griyel gitu punggungnya". *ngakak lagi*




Dan masih harus naik tangga, nanjak. Katanyaaa, ini 250 anak tangga aja. Sip bisa, gini doang *dalem hati*. 10 anak tangga, 20 anak tangga. Bentar-bentar, hosh.....capek kawan. Diem, naik lagi 5 anak tangga. Kaki, dengkul, betis rasanya kayak kebakaaaaaarr. Capek! Akhirnya setelah puluhan kali berhenti, nyampe juga di kawah bromo, yang cuma...gitu doang sih :p. Tapi ini kali pertama saya naik tangga segini banyak sih (tangga perosotan waterboom diitung gak?). Waktu itu, baru setaunan abis erupsi, jadi masih berantakan banget fondasi di atas. Gak lama, saya turun, dan kali ini sanggup jalan sampe parkiran jeep. Hore!

Langitnya cantik :)


Spot selanjutnya, bukit teletubbies. Kenapa dinamain itu, katanya sih bentuknya kayak rumah-rumah teletubies yang berbukit-bukit itu. Yang tampak aja, gak persis sama ternyata. One of my favourite spot nih. Dan sempat juga dipake buat prewednya si Judika dan Duma. Langitnya cantik, udaranya enak, rumputnya wangiii. Super! Disini saya bebas gak pake jaket, jadi cuma pake turtle neck Zara doang. Sempet juga foto post wed ala-ala, lumayan lah :D






Karena matahari makin tinggi, kami bergegas buat ke spot terakhir: Pasir Berbisik. I promise, saya bakal balik lagi ke bukit teletubbies ini *sambil dadah-dadah haru sama bukit teletubbies* kami memang udah agak kecapaian menuju ke spot terakhir ini. Tapi lumayan lah, lumayan banget malah, gak jelek-jelek amat. Pantesan jadi tempat syuting film. Langsung foto-foto, jeprat jepret, dan kita langsung menuju homestay lagi mengingat itu hari Jumat, harinya soljum--yang ternyataaa...karena mayoritas penduduk situ Hindu dan.. ada sih Islam namun kejawen, gak ada masjid aja gituu. Mau jamaah-an, cuma 3 bijik cowok. Akhirnya, karena mengingat kami musafir modern (halah!), cowok-cowok absen soljum.
say: Bromooo!


komplit!

Alkisah, trip Bromo saya berakhir setelah kami menutup kunjungan dengan maksi ala kadarnya (baca: beli sate 2 porsi plus nasi 5 bungkus buat 11 orang), karena banyak warung yang tutup. Untung lumayan enak, dan ketelen. Hihihi.

Makan siang terakhir di Bromo :)
Si bapak supir mobil minibus sewaan yang kemarin datang lagi buat ngangkut kita ke perjalanan selanjutnya. Kalo saya dan suami ke Hotel Solaris di Malang, sisanya menuju Pulau Sempu--yang katanya 'surga' di tengah Samudera Hindia. Kok gak ikut? Gak sanggup jalan kawans! :)) tapi kalo ditanya mau balik lagi ke Bromo atau gak? Mau banget, nanti kalo Birru sudah gak main gendongan, hehehe. Oh ya, kami balik ke Jakarta naik kereta Gajayana, yang kelas eksekutif. udah gak ada lagi-lagi deh pulang harus ala backpacker-an lagi! :))

Tips 'mewah' buat ke Bromo (terlebih yang bawa anak):
  • Naik kereta eksekutif dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Malang. Oh ya, jangan kaget Stasiun Malang kumuh banget :) Kalo mau yang praktis, pesen tiket pesawat. Tapi jangan pas peak season yah kakaaak :p (yaiyalah!)
  • Dari Jakarta wajib browsing travel atau carteran mobil untuk menuju Cemoro Lawang (pintu masuknya Taman Wisata Bromo).
  • Kalo bisa, nginepnya mending di Cemoro Lawang aja. Kalo mau nyaman, ada hotel semi wisma. Atau ngikutin ala saya, homestay--tapi pilih yang bagus (yang pasti jadi lebih agak mahal) dan pastikan air panasnya nyala.
  • kalo mau naik kuda di kawah Bromo, tawar sampe harga menurut Anda wajar :D
  • Jangan lupa bawa cadangan sarung tangan, dan kaos kaki. Oh ya, powerbank is a must! Silverqueen pun... :p
  • Jangan lupa juga janjian sama orang travel atau mobil carteran buat jemput balik menuju Malang. Kalo mau ke spot lain selain Bromo, tinggal nego sendiri yaaah ;)
  • Kalo ada yang mau itinerary perjalanan saya ini, bisa saya bantu *walopun sebenernya bikinnya rame-rame* :D

Anda sedang membaca artikel tentang Bromo Trip - Juli 2012 (2) dan anda bisa menemukan artikel Bromo Trip - Juli 2012 (2) ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2014/01/bromo-trip-juli-2012-2.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Bromo Trip - Juli 2012 (2) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Bromo Trip - Juli 2012 (2) sumbernya.

No comments:

Post a Comment