Monday, September 28, 2015

Booking Hotel Braja Mustika via Pegipegi.com

Sejak sering bepergian dan nonton konser, saya jadi tau beberapa web akomodasi. Saya pernah booking via tiket(dot)com, agoda(dot)com, Travelio, dan yang baru-baru ini saya pakai adalah pegipegi(dot)com. Dan yang mau saya bicarakan kali ini adalah pengalaman saya saat booking hotel Braja Mustika Bogor di pegipegi(dot)com. 

Sudah lama saya ingin menginap di Hotel Braja Mustika. Terlebih, paling tidak sebulan sekali saya mengunjungi Bogor dan ini hotel sering bikin mupeng tiap kali lewat. Bogor kota rasa Puncak banget, karena bangunannya di atas bukit. Dan yang paling lumayan kasi diskon (yes, call me ibu bijak bin irit) cuma di pegipegi(dot)com. Karena bulan ini kebetulan Jupo ultah, rasanya gak ada salahnya untuk staycation di tanggal ultahnya. Jadi, Senin lalu saya booking sekitar pagi hari. Gak lama langsung ada email konfirmasi dari pihak pegipegi kalau booking-an saya sudah berhasil untuk tanggal 26 September. Sambil booking, saya gak lupa baca-baca trip advisor mengenai hotel ybs. So far, dari 20-an ulasan, hanya 1 yang mengatakan kecewa dengan hotel ini, namun sudah ditanganin dengan baik oleh manajemen hotel ini. Saya booking 1 kamar tipe Superior Room tanpa ada perasaan bahwa aka nada kendala yang berarti. Gak lama setelah mendapat email konfirmasi, saya berinisiatif untuk menelepon pihak Hotel Braja Mustika. Katanya, belum ada konfirmasi dari pegipegi untuk booking-an saya. Tapi, pihak hotel berjanji mau menelpon kembali saya setelah ada konfirmasi dari pegipegi, dan saya mengiyakan. 

Setelah jam makan siang, saya ditelepon pihak hotel. Jawaban masih sama, belum ada konfirmasi atas booking saya. Saya agak kecewa dengan pihak hotel (too bad, I didn’t ask for her name) karena dari pihak pegipegi bahkan sudah memberikan kode booking. Akhirnya saya ditanya detail pesanan kamar saya, dan apakah ada request khusus. Saya bilang kalo suami saya ulang tahun di hari itu, apa bisa kalo dari pihak hotel membantu saya menyiapkan sekedar kertas dengan tulisan selamat ulang tahun untuk Jupo. Reaksinya adalah: “YAH GIMANA YA BU, ITU KHAN BIASANYA INISIATIF DARI YANG BOOKING KAMAR.” Kampret pangkat sejuta, saya bilang aja kalo saya akan membayar jerih payah ngeprint ucapan kalo pihak hotel mau. Si mbak-mbak dari pihak hotel hanya bergumam gak jelas, sambil meng-hold bolak balik telepon saya, sambil beberapa kali bilang “ya gimana ya bu”. Ada satu lagi, jadi simbak mbak hotel dengan nada suara ga enak bilang: “jadi superior room ya bu, yang one bed, no view, no internet access.” Saya kaget, padahal di website pegipegi tercantum kalo ada internet access di room facility-nya. Meskipun I’m not that kinda gadget person, tapi konsisten itu perlu loh. Saya keukeuh aja terus, dan makin mendapat nada yang tidak enak dari si mbak-mbak ini. Hhhh, gimana sih ini? Yang penting, pesanan kamar yang saya pesan via pegipegi udah tersampaikan.

Sore harinya, saya membuka web pegipegi lagi, dan menyampaikan kelihan saya melalui layanan chat yang ada pada website. Saya dilayani oleh Mbak Risty. Karena keluhan saya kurang jelas di window chat, Mbak Risty menghubungi saya melalui telepon. Saya kembali mengatakan keluhan terhadap Hotel Braja Mustika via pegipegi. Saya juga memastikan, kok bisa email konfirmasi booking-an saya tidak sampai ke hotel ybs. Pegipegi menjanjikan untuk memastikan booking-an saya ke hotel ybs, dan mengabari saya kalau sudah dapat jawaban. Gak lama, saya mendapat email kalau pesanan saya sudah dikonfirmasi dengan pihak hotel. Mbak Risty juga menyelipkan nama Bapak Aji dan Bapak Aga dari pihak hotel ybs. Yang bikin lucu, pegipegi menyertakan screenshot dengan ada fasilitas istimewa di dalam ruangan berupa internet access dll, tapi membuat keterangan di body text email kalo tidak ada fasilitas internet. Wakwaaaw. Lah ini 2 pihak, baik hotel maupun pegipegi, kok sami mawon. Ngapain dicantumin juga khan di website-nya kalo emang gak ada. Coba kalo yang booking gadget freak, apa gak mencak-mencak dia. 





H-1 saya iseng baca tripadvisor. Dan baca bagian ulasan yang kecewa dengan pihak hotel. Saya kok jadi deg-degan pas baca, jadi berniat menelpon balik hotel Braja Mustika. Saya lalu berbicara dengan staf Hotel bernama mas Adi. Ada drama lagi nih, mas Adi bilang kalo PESANAN KAMAR ATAS NAMA SAYA TIDAK ADA. Pengen nangis gak sih rasanya, akhirnya saya berikan kode bookingnya dulu. Mas Adi berjanji menelpon saya kembali. Gak lama, saya dikabari lagi kalau bookingan saya sudah ada. MASA HARUS BEBERAPA KALI DITELEPON DAN KASIH KODE BOOKING BARU ADA SIH? Saya gak ngerti, ini system hotel Braja Mustika yang aneh atau dari pihak pegipegi-nya malah? Drama gak brenti disitu. Setelah senin saya ditelpon mbak-mbak jutek tapi udah mesen untuk one bed bukan twin bed, si mas Adi bilang kalo yang one bed sudah abis nih. Nangiiis nangiiis, kok ya gak dicatet ya si mbak-mbak itu. Saya tanya baby cot, pihak hotel juga tidak menyediakan. Jadi mau gak mau harus pake one bed. Mas Adi saat itu berjanji untuk mencarikan solusi, dan mudah-mudahan dapet kamar dengan one bed-nya. So far, si mas adi ini terfavorit dibanding si mbak-mbak jutek kampret itu. Fiuh. Eh gak lama lagi, si mas Adi telepon.
Mas Adi: ibu nama panggilannya prita bukan?
Saya: iya maaas, apalagi?
Mas adi: ibu bener jadi mau pasang kartu ultah?
Saya: iya itu saya, loh berarti udah dicatet dong pesenan saya. Itu khan barengan saya mesen untuk kamar dengan one bed.
Mas adi: iya bu, ternyata ini sudah tercatat pesanannya.
Saya: err, gimana sih maaas…khan kode booking Cuma 1, atas nama saya gak mungkin jadi dobel ato gimana.

Intinya, masalah terselesaikan. Hanya miskomunikasi sahaja, tapiiii tetep aja bikin mangkel bok. Still, there's a big question mark in my head: apa setiap orang yang mesen akomodasi via web akomodasi (bukan ke hotel ybs) akan selalu diginiin? Mudah-mudahan ke depannya makin baik ya pegipegi(dot)com dan hotel Braja Mustika. Gak lagi-lagi bikin mangkel customer-nya. Huff.

Anda sedang membaca artikel tentang Booking Hotel Braja Mustika via Pegipegi.com dan anda bisa menemukan artikel Booking Hotel Braja Mustika via Pegipegi.com ini dengan url https://pritasyalala.blogspot.com/2015/09/booking-hotel-braja-mustika-via.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Booking Hotel Braja Mustika via Pegipegi.com ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Booking Hotel Braja Mustika via Pegipegi.com sumbernya.

8 comments:

  1. Wah, alhamdulillah yah akhirnya terselesaikan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh alhamdulillah....sempet was was juga kemarin akhirnya pas mau check in huhuhu

      Delete
  2. booking.com , hotel.com dan agoda.com udah paling bener deh Prit kalau booking2 hotel, gak perlu cek2 lagi apakah bookingan kita benar sudah masuk atau gak krn sebenernya kan memang bukan tanggung jawab kita ya, tp ya gitu deh saking pengen semuanya berjalan sempurna, kita suka jd ngecek inisiatif ya...

    semoga pihak hotel tersebut ada yang membaca postingan ini dan memberikan training lebih ke staff mereka, supaya lebih sopan walaupun dari tone di telepon dengan calon tamu mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, will do. kapok sekapok-kapoknya. untung hotel-nya bagus. nanti deh kutulis juga review-nya. aku deg-degan aja sih mbak baca ulasan yang mengecewakan thd hotel ybs, makanya aku coba telp balik. huhuu, iya ya mudah2an ada yg baca. mungkin ntar aku cantumin link-nya di trip advisor.

      Delete
  3. GILEEEE. Nisa drama begitu hahahahah!
    Emang hotelnya bagus, ya? Makluuum orang Bogoooor :P (ngga pernah nginep d hotel Bogor) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak, iye tau dah yg mainnya di jogja melulu. bagus kakak hotelnya, kalo buat kecipak kecipuk Kami berenang, disana oke kok.

      Delete
  4. Pritaaaaaa.. Bacanya kok jadi ikutan puyeng ya sama si mbak2nya itu.. Hahaha. Tapi untunglah akhirnya selesai ya dramanya.. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yagitudeh mbak. apalagi gue yang ngadepin. *ngunyah gagang telepon*

      Delete